Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembuatan Akte Kelahiran Di Pati Bakal Dilayani Secara Online

MuriaNewsCom, Pati – Pembuatan akte kelahiran bagi bayi yang baru lahir, direncanakan akan bisa dilakukan secara online. Itu untuk mempermudah masyarakat dalam mencatatkan anaknya ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pati.

“Rencananya, launching pembuatan akte kelahiran secara online itu akan kami lakukan pada Juli mendatang.  Itu pun, kami masih menunggu kepastian dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” Ujar Kepala Dispendukcapil Pati Rubiyono saat ditemui di kantornya, Senin (21/5/2018).

Lebih lanjut, sebelum adanya launching tersebut, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat terlebih dahulu. Mengingat, apabila tidak ada sosialisasi, dikhawatirkan masyarakat justru tidak mengetahui program tersebut.

“Sampai saat ini aplikasi juga belum ada. Tapi, nanti kalau dari pusat sudah ada informasi, kami juga akan mensosialisasikan itu kepada masyakat. Agar mereka juga tahu, bagaimana caranya mendaftar secara online,” imbuhnya.

Dia menilai, adanya layanan akte kelahiran online itu sangat membantu masyarakat, terutama yang ada di pelosok desa dan jauh dari kantor Dispendukcapil. Dengan begitu, dapat memudahkan masyarakat dalam pengurusan akte kelahiran.

Lebih dari itu, dia mengaku perlu mempersiapkan diri untuk menjemput adanya layanan pembuatan akte kelahiran secara online tersebut. Mengingat, sampai saat ini perangkat keras maupun perangkat lunaknya juga belum ada.

“Tim atau tenaga ahli yang membidangi itu (akte kelahiran online) juga belum ada. Sehingga, semuanya harus kami persiapkan terleih dahulu. Nanti kalau pemerintah pusat sudah memberikan layanan tersebut, kami juga bisa bergerak lebih cepat,” tandasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...