Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Genset Rusak, Ratusan Pelanggan PDAM di Pulokulon Grobogan Tak Dapat Pasokan Air

MuriaNewsCom, GroboganRatusan pelanggan PDAM di wilayah Kecamatan Pulukulon mengalami kesulitan air bersih secara bertahap sejak beberapa bulan terakhir. Kondisi itu terjadi akibat rusaknya genset untuk menghidupkan pompa penyedot air di kawasan Sendang Coyo.

Ada dua genset yang ditempatkan di sebelah timur sendang. Kedua genset itu sudah sempat diperbaiki bergantian. Namun, tidak lama berselang genset itu kembali rusak.

Pihak PDAM sempat pula meminjam genset dari unit lain. Namun, kinerja genset pinjaman juga tidak bisa maksimal dan akhirnya ikut rusak.

Rusaknya genset menjadikan pasokan air ke rumah pelanggan menjadi terganggu. Saat ini, pasokan air hanya mengandalkan gravitasi dan cuma bisa dinikmati sebagian kecil pelanggan.

“Kendala di PDAM unit Pulokulon ini hanya pada mesin genset. Untuk bahan baku air dari Senrang Coyo dan jaringan distribusinya tidak ada masalah,” kata Kabag Perekonomian Pemkab Grobogan Pradana Setyawan, Jumat (18/5/2018).

Terkait terhentinya pasokan air, para pelanggan itu akan dimasukkan dalam daftar Z. Pelanggan daftar Z ini nantinya tidak akan dibebani rekening pembayaran karena tidak mendapatkan pasokan air lebih dari 14 hari.

Upaya lainnya yang akan segera dilakukan adalah mengupayakan jaringan listrik hingga ke rumah pompa di Sendang Coyo. Saat ini, tiang listrik terdekat berada di Desa Jatiharjo yang jaraknya sekitar 3 km dari sendang. Dengan adanya listrik maka tidak akan dipusingkan lagi dengan kerusakan genset.

“Tahun ini, kita upayakan sudah bisa terpasang jaringan listrik hingga ke Sedang Coyo. Untuk pemasangan listrik ini butuh biaya besar dan sedang kita koordinasikan dengan PLN,” jelas pejabat yang akrab disapa Danis itu.

Sambil menunggu pemasangan jaringan listrik, mesin pompa penyedot tetap dioperasikan dengan genset. Untuk itu, PDAM unit Pulokulon diminta segera mengupayakan penyelesaian perbaikan genset yang rusak atau menyewa untuk sementara waktu.

“Kita sudah minta agar genset yang rusak bisa segera diperbaiki hingga normal. Kalau perlu, sementara bisa sewa genset dulu untuk mengoperasikan mesin pompa di Sendang Coyo,” sambungnya.

Danis menambahkan, pelanggan PDAM di unit Pulokulon jumlahnya lebih 1.000 orang. Sejak adanya kerusakan genset, pasokan air hampir separuh pelanggan terganggu.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...