Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Pati: Guru Harus Tahu Hukum

MuriaNewsCom, Pati – Bupati Pati Haryanto menekankan kepada para guru se-Kabupaten pati untuk mengetahui ikhwal hukum. Mengingat, akhir-kahir ini banyak guru yang tersandung kasus hukum, sehingga pengatahuan hukum, mutlak dimiliki.

“Apabila para guru mempunyai pengetahuan hukum yang cukup, tentu akan lebih mudah dalam melangkah, terutama untuk menjaga diri agar tidak mudah terjerat kasus hukum,” ungkapnya, kamis (10/5/2018).

Secara khusus, dia juga akan memberikan pendampingan bagi guru. Hanya, itu tidak boleh disalah gunakan. Dalam artian, apabila ada guru yang sengaja melanggar kasus hukum, maka pihaknya tidak akan memberikan perlindungan hukum tersebut.

“perlindungan hukum itu untuk yang benar-benar membutuhkan. Kalau dia melanggar hukum atas kehendaknya sendiri, maka  kami tidak mau,” tegasnya.

Lebih lanjut, ketika terjadi permasalahan antara siswa dan guru, ia menghimbau agar masalah itu diselesaikan di internal sekolah. Yakni dengan mendatangkan wali murid maupun kepala sekolah.  Pendekatan kekeluargaan harus  didahulukan, agar permasalahan tidak berkepanjangan. Sementara jalur hukum, merupakan jalan terakhir apabila sudah menemukan kebuntuan.

“Kita mempunyai Dewan Kehormatan Guru Indonesia (DKGI) yang tugasnya di antaranya menyelesaikan permasalahan antara murid dan guru. Itu  bisa dimanfaatkan sebaik mungkin apabila ada permasalan antara  murid dengan suru atau pihak sekolah,” imbuhnya

Dia juga berharap, meskipun sebagai seorang pendidik, tetapi jangan sampai mengabaikan permasalahn hukum. Bekerja secara professional dan patuh pada aturan adalah kunci utamanya agar tidak mudah terseret kasus hukum.

“Ini sangat penting dan kami tekankan, agar sebbagai seorang guru bisa mentaati aturan, sesuai dengan tgas kerjanya dan menjalankan profesi itu secara professional. Kalau itu semua sudah dilakukan, kami yakin, tidak aka nada masalah hukum,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...