Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

200 Ribu Wisatawan Ditarget Berkunjung ke Blora Tahun 2018

0 447

MuriaNewsCom, Blora – Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora terus melakukan upaya serius untuk menggali potensi dari sektor pariwisata. Diharapkan, dengan upaya yang dilakukan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Blora.

“Sektor pariwisata terus kita garap secara serius. Pada tahun ini, kita targetkan ada 200 ribu wisatawan yang berkunjung ke Blora,” kata Kepala Dinporabudpar Blora Kunto Aji dalam acara Bimbingan Teknik Pemahaman Branding Wonderful Indonesia dan Konten Marketing untuk meningkatkan Peran Pemasaran Pariwisata, di Hotel Arra Kecamatan Cepu, Senin (7/5/2018).

Menurutnya, untuk mencapai target sebanyak itu dinilai bukan pekerjaan mudah. Untuk mencapai target, pihaknya akan menggandeng seluruh stakeholder baik dari lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perusahaan swasta maupun masyarakat umum yang tergabung dalam kelompok sadar wisata atau pokdarwis.

“Pembangunan dan pengembangan daya tarik wisata tidak akan bisa maksimal jika dilakukan sendiri. Butuh kontribusi dari seluruh stakeholder yang ada untuk menggarap bersama dan fokus di beberapa daya tarik wisata,” tegasnya.

Salah satu upaya untuk menarik minat wisatawan adalah dengan menyusun beberapa paket wisata di Blora. Misalnya, untuk Blora bagian timur berawal dari Stasiun Cepu bisa diarahkan ke Wisata Haritage Loko Tour, Kampung Samin Sambongrejo, Kedungpupur, Minyak Tua Ledok dan kulinernya Lontong Opor Ngloram.

Sedangkan di Blora bagian barat bisa ke Goa Terawang, kampung Durian, Kebun Buah Tunjungan, Waduk Tempuran, Rumah Sastra Pramoedya dan berkuliner Sate Blora.

“Untuk atraksi budaya seperti Seni Barongan dan Tayub Blora bisa dipertunjukkan sebagai hiburan wisatawan ketika berkunjung ke salah satu lokasi wisata. Dengan adanya pertunjukkan kesenian bisa menjadi hiburan tersendiri bagi wisatawan,” cetusnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Niscaya menyarankan, Pemkab Blora diminta agar segera melakukan branding pariwisata dan fokus menggarap beberapa daya tarik wisata unggulan yang unik dan menarik.

Menurutnya, Kabupaten Blora memiliki banyak daya tarik wisata yang unik baik dari segi haritage yang dikenal sebagai daerah penghasil minyak sejak lama, kemudian kuliner satenya yang enak, serta budayanya seperti barongan dan seni tayub.

“Jika itu semua bisa ditata dan dibranding dengan baik, bukan tidak mungkin kunjungan wisata ke Blora akan meningkat. Potensi wisata disini cukup banyak dan masih bisa dikembangkan,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.