Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Woro-woro! Disdikbud Pati Adakan seleksi Duta Bahasa

MuriaNewsCom, Pati – Dalam rangka mengkampanyekan Bahasa  Indonesia yang baik dan benar, sekaligus untuk menjaga kelestarian bahasa pemersatu bangsa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati menggelar kompetisi Duta Basaha 2018 di SKB setempat, Sabtu (5/5/2018).

Nantinya, pemenang dalam pemilihan duta bahasa ini akan mewakili Kabupaten Pati untuk perlombaan duta bahasa di tingkat Jawa Tengah.

Kasi Kesenian Disdikbud Kabupaten Pati Slamet Santoso mengatakan, pemilihan duta bahasa yang dilakukan ini dimaksudkan untuk mencari tunas muda yang mampu  berbahasa Indonesia, berbahasa Jawa dan berbahasa  asing secara profesional.

”Pemilihan duta bahasa ini dilakukan guna persiapan jelang pelaksanaan pemilihan di tingkat Jawa Tengah. Namun yang terpenting adalah bisa mendapatkan tunas muda yang dapat berbahasa Indonesia, Jawa dan berbahasa asing secara profesional,” ungkapnya.

Menurutnya, duta bahasa turut berperan dalam upaya membina, melindungi, dan mengembangkan bahasa Indonesia dan membantu badan atau balai bahasa dalam upaya mengampanyekan penting dan luhurnya bahasa Indonesia.

Adapun pesertanya, kata Slamet, adalah dari kalangan warga negara Indonesia yang berumur 18-25 tahun yang belum menikah dan berpendidikan minimal SLTA sederajat.

”Pemilihan untuk tahun ini diikuti 19 peserta terdiri dari perempuan  15  peserta dan 4 orang laki-laki dan semuanya belum menikah,”jelasnya.

Slamet juga menjelaskan terkait uji materi  yang dilakukan dalam pemilihan duta bahasa, uji materi yang wajib diikuti para peserta ada dua yaitu ujian tertulis dan ujian praktik berbahasa Indonsia, Jawa dan bahasa asing yang diuji oleh para penilai.

”Duta adalah seseorang yang menjadi wakil pada bidang tertentu. Tugasnya, tentu saja, mempromosikan bidang yang diwakilinya. Tidak hanya sebatas ucapan, tetapi juga melalui perilaku,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...