Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Luar Biasa! 783 Siswa Jateng Raih Nilai 100 UN Matematika

 

MuriaNewsCom, Semarang – Soal matematika menjadi hal yang paling dikeluhkan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ini, karena tingkat kesulitannya sangat tinggi. Meski demikian, ratusan siswa tingkat SMA/sederajat di Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih nilai sempurna dalam ujian matematika tersebut.

Catatan Panitian UN SMA/sederajat wilayah Jawa Tengah, ada 783 peserta UN yang mendapatkan nilai 100 dalam ujian matematika. Sebagian besar peserta UN yang memperoleh nilai sempurna itu berasal dari tingkat SMK.

”Siswa dari SMK yang mendapat nilai 100 UN matematika sebanyak 670 siswa. Sementara tingkat SMA sebanyak 109 siswa dan MA sebanyak 4 siswa,” kata Ketua Panitia UN SMA/sederjat Jawa Tengah, Sulistyo.

Menurutnya, dengan tingkat kesulitan soal yang dianggap tinggi dan banyak peserta yang mengeluh, namun capaian nilai sempurna dari ratusan siswa itu cukup membanggakan.

Apalagi, tingkat kesulitan pelajaran matematika dalam UNBK tahun ini mengalami peningkatan kualitas sebanyak 10 persen dibanding soal lainnya.

Meski demikain, Menteri Pendidikan Muhajir Efendy meminta maaf soal kesulitan siswa mengerjakan matematika, kualitasnya kemudian diperbaiki.

Ia optimistis, dari 246.000 siswa SMA, terdapat 90 persen mengikuti UN. “Tapi nanti yang menentukan kelulusan adalah sekolah. Yang sakit atau ikut olimpiade segera mendaftar ujian susulan,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...