Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati  Haryanto Canangkan Gernas Baku di Pati

MuriaNewsCom, Pati – Pencanagan gerakan nasional orang tua membacakan buku (Gernas Baku) oleh Bupati Pati Haryanto, menjadi titik awal agar orang tua senantiasa mengajak anaknya untuk terus membaca buku.

“Gernas Baku ini sangat penting bagi perkembangan anak, terutama untuk menjadi anak yang gemar membaca buku. Untuk itu, orang tua harus memulai dengan membacakan buku-buku kepada anaknya,” ungkap Haryanto, Sabtu (5/5/2018).

Sementara untuk buku yang akan dibacakan oleh orang tua kepada anaknya, disesuaikan dengan umurnya. Seperti halnya, buku dongeng, cerita nabi-nabi, cerita rakyat dan lain sebagainya.

Menurutnya, ini bertujuan untuk membiasakan orangtua membacakan buku bersama anaknya supaya mempererat hubungan emosi antara anak dan orang tua, serta menumbuhkan minat dan budaya membaca anak sejak dini.

“Gernas Baku sangat penting guna menumbuhkan minat membaca pada anak sejak dini, supaya anak cepat bisa membaca dan terbiasa nantinya untuk membaca. Buku adalah jendela ilmu, sedangkan membaca adalah kuncinya,” imbuh Haryanto.

Dia juga mewanti-wanti agar buku yang akan dibacakan, tidak berbau hal-hal yang negatif dan tidak mendidik. Sebaliknya, orang tua harus membacakan buku-buku yang berkualitas, mempunyai nilai sejarah dan pembelajaran bagi anak.

Lebih lanjut, ada empat kemampuan yang harus dimiliki oleh anak-anak kita untuk menghadapi tantangan di abad 21, yaitu mampu berpikir kritis, mampu berpikir kreatif, komunikatif, dan yang ke empat mampu berkolaborasi.

“Sehingga dengan adanya pencanangan Gernas Baku ini, kami harapkan akan menumbuh kembangkan hubungan emosional, tanggungjawab dan hubungan harmonis dengan anak dan ada kepedulian sejauh mana pendidikan yang sudah dipelajari,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...