Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Musim Giling Tiba,  PG Rendeng Kudus Adakan Tradisi Manten Tebu

MuriaNewsCom,  Kudus –  Pabrik Gula (PG) Rendeng Kudus mengadakan tradisi manten tebu di halaman PG Rendeng, Sabtu (5/5/2018). Hal itu dilakukan untuk  menandai pembukaan musim giling tebu tahun 2018.

Tradisi manten tebu terdiri dari tebu putra yang diberi nama Jati Kuncoro berasal dari kebun Garung Kidul, sedangkan penganten tebu putri diberi nama Roro Rengganis berasal dari kebun Prambatan Lor vatiates BL Kecamatan Kaliwungu Kudus. Sepasang penganten tebu ini juga menjadi wakil dari 195.587 ton tebu yang akan digiling mulai tanggal 19 Mei mendatang.

Manajer PG Rendeng Wisnu Pangaribawa mengatakan, harga gula lokal di pasaran saat ini terbilang murah. Akibatnya, banyak pabrik gula yang terpaksa gulung tikar karena kesulitan bahan baku.

”Beberapa penggilingan tebu banyak yang tumbang,  Gondang tumbang, Jatitujuh juga tumbang. Karena itu kami harus surfive. Mudah-mudahan kita bisa lebih baik lagi,” ungkap dia saat sambutan pembukaan giling tebu PG Rendeng,  Sabtu (5/5/2018).

Ia menyebutkan, saat ini PG Rendeng Kudus mendapatkan tambahan lahan baru. Salah satunya di wilayah KPH Pati yang mencapai puluhan hektare.

”Tahun 2018 ini kami banyak mendapatkan sahabat, seperti dari KPH Pati. Kami juga sudah mulai berkerja sama menanam tebu,” ujarnya.

Ia pun berjanji tebu milik para petani akan dibeli dengan harga yang layak. Dengan begitu, tingkat kesejahteraan petani tebu bisa meningkat.

”Petani adalah aset dari PG Rendeng. Sudah selayaknya mereka sejahtera dan bisa terus menyuport bahan baku untuk tahun-tahun selanjutnya,” pungkasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...