Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Siap Hadapi Kekeringan, BPBD Kudus Siapkan Ratusan Tangki Air Bersih

MuriaNewsCom, Kudus – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus mulai mengantisipasi krisis air bersih selama musim kemarau. Ratusan tangki air siap disalurkan ke warga ke titik-titik yang mengalami kekeringan.

“Kalau musim kemarau biasanya Kudus dilanda kekurangan air bersih. Namun kami sudah melakukan antisipasi. Kalau nantinya terjadi kekurangan air bersih, kami siap mendroping ke warga-warga,” jelasnya kepada MuriaNewsCom, Jumat (4/5/2018).

Ia menjelaskan, dari BPBD Kabupaten Kudus telah menyiapkan setidaknya 250 tangki air bersih. Untuk menyediakan air bersih ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PDAM Kabupaten Kudus yang mencukupi kebutuhan air bersih.

“Selain itu, kamu juga didukung 150 relawan yang siap membantu suatu saat terjadi bencana alam,” sambungnya.

Ia tidak bisa menyebutkan secara pasti wilayah di Kabupaten Kudus yang menjadi langganan kekurangan air bersih. Karena menurutnya setipa tahunnya di desa-desa sudah ada jaringan air bersih dari PDAM Kudus.

“Setiap tahunnya daerah kekurangan air bersih terus berkurang terbilang signifikan, hampir 20 persen,” ujarnya.

Selain bencana krisis air bersih, ia juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Kudus untuk mewaspadai bencana kebakaran. Karena cuaca di musim kemarau, akan mempermudah terjadi kebakaran.

“Masyarakat yang tinggal di permukiman padat untuk selalu waspada terjadi kebakaran, seperti tidak membuang potong rokok sembarangan, selalu mengecek aliran listrik,” imbaunya.

Ia menyebutkan ada 24 desa yang tersebar di 9 kecamatan di Kabupaten Kudus yang rawan terjadi bencana kebakaran.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...