Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tawur dan Pembacokan Pesta Kelulusan di Pati, Disdik Bakal Dipanggil Dewan

0 2.637

MuriaNewsCom, Pati- Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Mussalam Mas`ul mengaku perihatin dengan adanya tawuran hingga pembacokan yang melibatkan pelajar pada perayaan kelulusan Kamis (3/5/2018) kemarin.

Bahkan, pihaknya akan memanggil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati untuk mencari langkah terbaiknya.

“Kami akan panggil. Disdikbud harus membuat cara yang dapat meminimalisir terjadinya euforia berlebihan hingga memicu aksi tawur tersebut,” terangnya saat dikonfirmasi, Jumat (4/5/2018).

Tidak hanya pihak Disdikbud, pihak sekolah juga diminta untuk menjaga anak didiknya agar tidak terlibat hal-hal yang negatif dan bisa membahayakan dirinya dan orang lain. Dalam hal ini, kepala sekolah juga harus tegas untuk menindak muridnya yang terlibat tawuran.

Menurutnya, dimungkikan bagi pihak sekolah untuk memberikan saksi bagi siswa yang melakukan tawuran, dengan tujuan untuk memberikan efek jera bagi siswa. Mengingat, setiap kali ada pengumuman kelulusan, siswa sering melakukan euphoria yang negatif.

“Mungkin ada beragam cara yang bisa dicoba entah pengumuman diberikan langsung ke orang tua atau melalui sistem online. Dan dengan syarat, saat hari pengumuman orang tua harus memantau keberadaan anaknya,” terangnya.

Terkait opsi pengumuman kelulusan tidak dilakukan secara serentak, ia menyebut hal itu bisa dilakukan selama ada payung hukum dan kondisi yang mendukung. Meski demikian, langkah itu pun harus tetap melibatkan orang tua maupun para guru untuk mengawasi anak-anaknya.

Selain itu, Disdikbud juga mempunyai tanggungjawab untuk memberikan pengawasan bagi anak-anak didik agar tidak terlibat dalam aksi tawuran maupun hal-hal negatif lainnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.