Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ternyata Ini Penyebab Gempa Bumi di Pati

MuriaNewsCom, Pati – Gempa tektonik yang terjadi di wilayah Semenanjung Muria, Jawa Tengah, tepatnya di laut utara Pati pada pukul 05.47.48 WIB, Kamis (3/5/2018), dipastikan tidak menimbulkan gempa susulan. Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono melalui siaran pers yang diberikan.

Dia menuliskan, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak gempa ini merupakan gempa dangkal akibat sesar lokal. Jika ditinjau lokasi episenternya, gempa ini berada di sekitar zona Sesar Muria.

“Namun demikian, untuk memastikan sumber gempa pembangkit gempa ini perlu ada kajian lebih lanjut,” jelasnya.

Menurutnya, secara sistemik, di zona semenanjung muria yang meliputi Pati dan Jepara, akhir-akhir ini kondisinya cukup aktif. Tercatat di zona ini sudah beberapa kali terjadi gempa, yakni pada 1890, 23 Oktober 2015, dan 18 Juli 2016 lalu.

Sementara hari ini, gempa kembali terjadi dengan kedalaman 12 km, yang merupakan gempa dangkal. Bahkan, hasil monitoring yang dilakukan, sampai saat ini BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Muria, Pati dan Jepara dihimbau agar tetap tenang, karena gempa ini belum berpotensi merusak,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 4,3 sekala ricter (SR) di Pati pada pukul 05.47.48 WIB. Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman BMGK posisi gempa adalah pada 6,42 Lintang Selatan dan 111,07 Bujur Timur dengan kedalaman 12 km. Pusat gempa berada di laut 36 km timur laut Pati.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...