Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hari Buruh, Ribuan Peziarah Padati Makam Sunan Kudus

MuriaNewsCom, Kudus – Tanggal 15 Sya’ban (nisfu Sya’ban) yang juga bertepatan dengan hari buruh, dimanfaatkan warga untuk berziarah ke makam Sunan Kudus.

Dari pantauan MuriaNewsCom, pagi tadi banyak peziarah yang mengantre memasuki makam Sunan Kudus. Terpantau peziarah dari anak muda hingga usia lanjut.

Seperti Lanoto (54) salah satu peziarah asal Tuban itu mengaku rutin setiap nisfu syakban dirinya bersama rombongan berziarah ke tempat-tempat religi. “Tadi kami ada 54 orang, dari Montong Tuban, kami rombongan berangkat jam 9 malam, yang pertama kami berziarah di Makam Sunan Muria, kemudian ke sini (Makam Sunan Kudus), nanti Demak, dan Syeh Jangkung Pati ” ungkapnya kepada MuriaNewsCom.

Hal senada juga diungkapkan oleh Darmanto (60) asal Colo Kudus. Meskipun usia yang terbilang tua, namun tidak mematahkan niatannya untuk berziarah ke makam para wali.

Ia mengaku, tradisi pada bulan sya’ban sering ia lakukan untuk berziarah ke makam Wali Songo. Kali ini, ia bersama rombongannya berziarah ke makam Sunan Kudus, dan dilanjut di Sunan Kalijaga Demak.

“Tadi kami berangkat jam 7 pagi berangkat dari Colo melakukan tradisi ziarah rutin ke Makam Sunan Kudus, dan ke Demak nanti,” jelas Darmanto.

Ia mengaku selalu berziarah di makam-makam Wali Songo di bulan sya’ban. Selain mendoakan para leluhur, ia berharap semoga mendapatkan hidayah dari leluhur yang telah didoakan.

“Ya semoga mendapatkan kesehatan dan kelancaran rejeki,” jawabnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...