Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Guru Kesenian Diminta Tularkan Wabah Kebudayaan Tradisional Pati

MuriaNewsCom, Pati – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati, Suwarno memiunta kepada guru kesenian di sekolah-sekolah, agar memberikan pengetahuan tentang pentingnya perhatian terhadap kebudayaan tradisional. Mengingat, saat ini banyak generasi muda yang mulai meninggalkan atau  bahkan tidak tahu kebudayaan khas Pati.

“Kami meminta agar guru-guru kesenian di sekolah, bisa memberikan pemahaman yang komprehensif kepada anak didik, agar mereka tahu kebudayaan yang ada di Pati,” ujarnya saat membuka acara Dialog Kebudayaan  di Gedung PGRI Pati, Senin (30/4/2018).

Pihaknya mengaku sangat perihatin dengan anak muda saat ini. Sebab, sebagian dari mereka sudah terjerumus dengan budaya-budaya asing, sementara budaya daerahnya sendiri banyak yang tidak tahu.

“Kan sangat disayangkan kalau mereka tidak tahu. Apalagi anak didik, padahal budaya tradisional itu merupakan akar dari budaya daerah. Sementara budaya daeerah juga menjadi akar dari budaya nasional. Jadi, sangat disayangkan kalau mereka sampai tidak mengetahui itu,” tegasnya.

Kesenian tradisional misalnya, banyak para pelajar yang tidak suka lagi. Seperti tarian, ketoprak, wayang dan kesenian lainnya, mulai ditinggalkan anak-anak muda. Padahal, berbagai macam kesenian tradisional itu merupakan media informasi yang merakyat, bahasanya juga merakyat sehingga mudah dipaahami masyarakat.

“Belum lagi ketika mereka dihadapkan dengan cerita legenda maupun sejarah daerah, tentu akan lebih rumit lagi. Maka dari itu, guru kesenian harus berperan aktif untuk memberikan pemahaman kepada anak didik agar mereka sadar dengan kebudayaan tradisional,” tegasnya.

Tidak hanya itu, guru kesenian juga diharapkan mengenalkan kesenian tradisonal kepada masyarakat secara umum. Sehingga, upaya pemerintah daerah untuk menjaga eksistensi kebudayan maupun kesehian tradisional khas pati mendapatkan dukungan dari semua pihak.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...