Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sensasi Susur Gua Pancur Pati Bikin Pengunjung Ketagihan

MuriaNewsCom, Pati – Menikmati wisata alam memang tidak ada habisnya. Meski sudah berkali-kali datang ke Gua Pancur, tetapi masih banyak wisatawan yang tak bosan mengunjungi obyek wisata yang dikatakan peninggalan sejarah tersebut. Apalagi kalau masuk ke dalamnya, berragam keindahan akan dapat Anda temui.

Ketika sudah berada di mulut gua, rasanya kurang lengkap apabila langkah kaki tidak dilanjutkan masuk ke dalamnya. Disertai gemericik air dari langit-langit gua, tentunya akan memberikan kesejukan tersendiri. Selain itu, kedalaman airnya tidak begitu menghawatirkan, hanya berkisar antara 50 cm hingga  1 meter.

Masalah keamanan, pengunjung tidak perlu hawatir. Sudah ada penunjuk arah untuk menyusuri gua yang mempunyai panjang 827 meter tersebut. Apalagi, semua perlengkapan, mulai dari sepatu, pelampung, sepatu dan lampu senter juga sudah disediakan.

Khabiburrahman, sebabai penunjuk arah Gua Pancur menjelaskan, ada banyak ornament alam  didalam gua tersebut.  Ada batu perkasa yang membentuk persis seperti kemaluan lelaki. Ada juga batu melayang yang merupakan reruntuhan atap gua, tetapi tidak sampai hancur. Bahkan batu itu disangga oleh batu kecil lain, sehingga Nampak seperti melayang.

“Ada lagi yang unik, yakni batu susu sewu. Penamaan itu lantaran stalaktitnya bergerombol dan membentuk seperti payudara wanita. Ada lagi batu sayap biadari yang mempunyai warna putih berkilauan,” ungkapnya, Sabtu (28/4/2018).

Selangkah lebih maju, Anda juga akan menemukan air hangat yang dipercaya warga setempat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Letaknya, tepat berada di tengah perjalanan gua pancur ini.

Selain itu, ada juga pemandangan lain yang bisa anda nikmati ketika berada di dalam Gua. Jangan lupa, berbagai bentuk bebatuan tersebut, sebagian ada yang boleh di sentuh dan ada yang tidak diperbolehkan. Seperti batu-batu yang sudah mempunyai bintik berkulau, yang merupakan bibit permata, tidak boleh untuk disentuh.

Tapi jangan hawatir, semua yang ada di dalam Gua, boleh untuk diabadikan. Bagi Anda yang suka Swafoto, jangan sampai tidak mengabadikan berbagai momen dan bentuk batu yang ada di dalamnya. Apalagi, selama perjalanan, ada banyak batu cantik yang bisa Anda temukan.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensagi gelap gulita pada saat siang hari, di dalam gua tersebut juga bisa dirasakan. Ketika sudah sampai di tengah perjalanan, penunjuk arah akan meminta wisatawan untuk mematikan lampu senternya, pada saat itulah sensasi gelap bisa ditemukan.

Yang terpenting, jangan sampai mencoret-coret dinding gua, karena itu bisa merusak pemandangan yang ada di dalamnya. Jaga kesopanan dan upayakan keselamatan, sebab didalamnya banyak lumpur dan bebatuan yang tajam.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...