Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Wahana Goa Pancur, Kayen Akan Ditambah, Ini Anggarannya

MuriaNewsCom, Pati – Pemerintah pusat melalui program dana alokasi khusus (DAK) menggelontorkan dana sebanyak Rp. 1,135 Miliar untuk penambahan wahana dan revitalisasi Goa Pancur Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen. Rencananya, Juni nanti proses pengerjaannya sudah dimulai.

Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Dinas Kepemudanaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati, Sutopo mengatakan, usulan anggaran revitalisasi oa Pancur ini sebelumnya adalah senilai Rp. 9 Miliar. Hanya, untuk realisasinya diberikan secara bertahap.

“Unutk tahun ini sudah dianggarakan dari pemerintah pusat sebanyak Rp. 1,135 Miliar. Tahun berikutnya, nanti juga akan dapat anggaran lagi, sampai pada tahun 2022 kedepan,” ungkapnya saat melakukan Fokus Grup Discution (FGD) bersama para wartawan di Gasebo depan mulut Goa Pancur, Sabtu (28/4/2018).

Rinciaannya, dana tersebut akan digunakan untuk pembuatan 32 kios disekitar Goa untuk pengembangan ekonomi warga sekitar. Selain itu, halaman mulut goa juga akan dipercantik menggunakan Paving.

Untuk embung sendiri, lanjutnya, nantinya akan dibuat talut sandarac embung, agar air bisa lebih bersih. Nantinya, di pinggir sebelah selatan embung juga akan dibangun wahana baru. Jadi, para pengunjung tidak hanya menikmati wisata goa saja, tetapi ada juga wisata untuk anak-anak maupun keluarga.

“Upaya pembangunan ini agar destinasi wisata goa pancur semakin diminati warga, tidak hanya warga Pati tetapi dari daerah lain juga bisa berkunjung di goa tersebut. Meningat, saat ini tingkat pengunjung di goa pancur, menunjukkan trend kenaikan,” imbuhnya.

Lebih dari itu, disekitar Goa nantinya juga akan dibangun gazebo sebagai tempat peristirahatan dan bersantai. Untuk gazebo sendiri sudah dianggarkan sebanyak Rp. 100 Juta. Sebagai tanda pengenal, tepat di pintu masuk akan dibangun gapura.

“Untuk pembuatan gapura sudah kami anggarkan sebanyak Rp. 200 juta. Sedangkan untuk 32 kios kami anggarkan Rp. 800 juta. Selain anggaran dari DAK, kami juga sudah menyiapkan anggaran pendamping sebanyak Rp. 50 Juta,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...