Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Aparat Desa di Blora Dibikin Melek UU Pers dan Diajari Menangkal Berita Hoaks

MuriaNewsCom, BloraDinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Blora menyelenggarakan sosialisasi Undang-Undang Pers dan Menangkal Berita Hoax bagi Camat, Kepala Desa dan Lurah.

Sosialisasi yang dilangsungkan di Hotel Arra Cepu selama tiga hari, mulai Selasa (24/4/2018) hingga Jumat (27/4/2018). Sosialisai yang terbagi tiga kali pertemuan diikuti 150 peserta.

Selama berlangsung sosialisasi, para peserta terlihat cukup antusias. Bahkan, banyak diantaranya sempat melontarkan usulan untuk mengantisipasi oknum yang diduga sering mengintimidasi kinerja aparat desa.

Ketua PWI Blora Wahono mengapresiasi usulan dan kiat yang disampaikan peserta sosialisasi. Ia sependapat jika nanti logo Pemkab, Kominfo, Dewan Pers, PWI dibuatkan banner kode etik jurnalistik kemudian dipasang di kantor desa.

“Perlu diketahui, wartawan yang benar itu tidak menakutkan. Wartawan yang benar tidak akan menakut-nakuti. Nah, Dinkominfo hadir di sini untuk menegakkan aturan yang dibuat oleh negara lewat Dewan Pers,” kata Wahono.

Dikatakan, pada tahun 2019 nanti, Dewan Pers akan menerapkan keputusan baru. Yakni, media yang tidak terverifikasi dan wartawan yang tidak berkompeten maka narasumber berhak menolak.

“Kalau bapak dan ibu dirugikan akibat pemberitaan yang tidak berimbang, maka berhak mengadu ke Dewan Pers,” tegasnya.

Dalam sosialisasi itu, ada sejumlah nara sumber yang dihadirkan. Antara lain, Sekjen PWI Pusat dan anggota Dewan Pers Indonesia Hendry CH Bangun yang mengisi materi Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers dan organisasi wartawan Indonesia.

Kemudian, ada Ketua PWI Provinsi Jateng Amir Machmud yang menyampaikan materi Mendeteksi dan Merespons Berita Hoax. Selanjutnya, Dekan FISIP UNDIP Semarang M Yulianto menyampaikan materi tentang Fenomena medsos, KIP dan praktik hitam wartawan zaman now.

Kepala Dinkominfo Blora Sugiyono melalui Kepala Bidang IKP Ignatus Ary Soesanto menyampaikan terimakasih atas kehadiran kepala desa/lurah dan perwakilan dari kecamatan. Ia berharap berbagai materi yang disampaikan narasumber dalam acara itu bisa membawa manfaat bersama.

“Karena Bapak dan Ibu mempunyai tanggung jawab besar dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan. Jadi boleh dibilang merupakan garda terdepan sebagai penanggung jawab di lapangan,” ucapnya.

Menurutnya, terkait kode etik jurnalistik yang akan di pasang di kantor desa, nanti akan diperdalam lagi. Kedepan diharapkan Dinkominfo dan PWI Blora akan tetap bersinergi melaksankan kegiatan yang berkesinambungan.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...