Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tiap Hari 11 Orang Tewas Kecelakaan di Jawa Tengah

MuriaNewsCom, Semarang – Polda Jawa Tengah mencatat angka kecelakaan lalu lintas di Provinsi Jateng masih sangat tinggi. Bahkan jumlah korban meninggal mencapai ribuan orang dalam satu tahun.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menyebut, selama 2017 tercatat ada sekitar 4.126 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Jateng. Dari jumlah itu muncul rata-rata sekitar 11 orang meninggal setiap harinya akibat kecelakaan.

”Jumlah ini memang mengalami penurunan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Penurunannya sekitar 7 persen,” katanya.

Sebagian besar kecelakaan di provinsi ini melibatkan kendaraan roda dua, dengan korban rata-rata pada usia produktif, yakni 19 tahun ke atas. Setiap hari rata-rata terjadi 46-50 kasus kecelakaan di Jateng.

Data Humas Polda Jateng menyebutkan. selama 2017 ada sekitar 12.351.991.000 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jateng. Jumlah itu mengalami penurunan 14 persen dari jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama 2016 mencapai 14.347.320.000 kasus.

Sedangkan jumlah korban yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas selama 2017 mencapai 4.129 orang. Terjadi penurunan sekitar 7 persen dari jumlah korban meninggal pada 2016 yang mencapai sebanyak 4.437 orang.

Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas ini Polda Jateng menggelar Operasi Patuh Candi 2018 yang dilaksanakan serentak selama dua pekan mulai Kamis (26/4/2018) hingga 9 Mei 2018 mendatang.

Menurutnya, Operasi Patuh Candi 2018 digelar menjelang Ramadhan dan Lebaran selama 14 hari, sebagai upaya untuk menekan tingkat pelanggaran lalu lintas yang sering mengakibatkan kecelakaan.

“Dengan Operasi Patuh Candi diharapkan saat pengamanan Lebaran mendatang masyarakat sudah terbiasa patuh berlalu lintas. Meski operasi ini menjadi daya kejut , tapi juga harus bisa menekan angka kecelakaan maupun korban,” tuturnya.

Dalam pelaksanaan Operasi Patuh Candi akan melibatkan 292 personel dari jajaran Ditlantas Polda Jateng. Selain personel dari Polda Jateng, seluruh aparat di jajaran Polres juga akan diterjunkan.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...