Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sanggar Pramuka Grobogan Terbakar, Belasan Orang Terjebak dalam Kepulan Asap Tebal

MuriaNewsCom, Grobogan – Suasana Sanggar Pramuka Kwarcab Grobogan mendadak diwarnai kepanikan, Kamis (26/4/2018). Hal ini menyusul adanya peristiwa kebakaran yang menimpa salah satu ruangan di lantai II sekitar pukul 10.30 WIB.

Padahal, dalam waktu bersamaan sedang ada rapat pengurus bersama puluhan anggota Pramuka yang dipimpin Ketua Kwarcab Grobogan, Agus Siswanto. Tak ayal, munculnya kebakaran itu langsung menyebabkan acara rapat bubar.

Begitu ada teriakan kebakaran, sebagian peserta rapat langsung berduyun-duyun ke luar dari ruang atas menuju ke halaman. Agus siswanto dan sejumlah pengurus terlihat ke luar dari gedung pada barisan terakhir.

Sejumlah anggota Pramuka lainnya sibuk memadamkan kobaran api yang cepat membesar dalam waktu singkat. Akhirnya, amukan api berhasil dipadamkan dengan alat pemadam api ringan yang sudah tersedia.

Meski api sudah padam, namun kepanikan belum berhenti. Soalnya, ada belasan orang masih berada di ruang rapat lantai II. Mereka tidak bisa keluar karena terjebak kepulan asap tebal.

Melihat kondisi ini, upaya evakuasi orang yang ada di lantai II mulai dipersiapkan. Proses evakuasi dipimpin langsung Kabid Kedaruratan BPBD Grobogan Masrichan. Sekitar 30 menit kemudian, orang yang terjebak di lantai II akhirnya bisa dievakuasi seluruhnya. Beberapa di antaranya sempat dilarikan ke rumah sakit karena sesak nafas.

Adanya musibah di sanggar Pramuka sempat mengudang perhatian para pengguna jalan. Soalnya, semua kendaraan yang melintas di depan Sanggar Pramuka terpaksa dihentikan saat proses evakuasi berlangsung. Suara sirine yang meraung-raung makin menambah perhatian para pengendara.

Beberapa pengendara bahkan sempat turun dari atas kendaraannya untuk membantu proses evakuasi. Namun, mereka langsung dicegah oleh beberapa pengurus yang bersiaga di depan sanggar.

“Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf, kegiatan ini hanya simulasi atau latihan saja. Bukan peristiwa beneran,” kata Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Grobogan Lulun Surono pada salah seorang pengendara yang bermaksud membantu evakuasi korban dari lantai II.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Grobogan Agus Siswanto menyatakan, rangkaian peristiwa kebakaran hingga proses evakuasi korban memang bagian dari simulasi penanganan bencana. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang jatuh pada hari ini.

“Dalam rangka peringatan HKB kita menggelar simulasi evakuasi korban yang terjebak kebakaran. Kita libatkan BPBD dalam latihan tadi,” kata Agus yang sempat ikut berlarian dalam simulasi itu.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...