Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Peringati Hari Kartini, Seniman Asal Pati Bikin Lukisan RA Kartini dari Pelepah Pisang

MuriaNewsCom, Pati – Ada berbagai cara untuk menyemarakkan peringatan hari kartini. Apabila banyak orang yang menggunakan kebaya untuk memperingatinya, tetapi bagi seniman mempunyai cara tersendiri. Adalah Jafar Labib, warga Desa Jepat Lor, Kecamatan Tayu, dia lebih memilih melukis sosok Kartini dengan menggunakan pelepah pisang.

Menurutnya, implementasi sosok kartini dalam bentuk lukisan dari pelepah pisang tersebut bukan tanpa alasan. Dia sangat gandrung dengan perjuangan kartini, di mana harkat seorang wanita diangkat setinggi-tingginya agar mempunyai kedudukan yang sama dengan kaum laki-laki.

”Ini merupakan ispirasi besar. Dalam lukisan, saya sengaja menghadirkan spirit perjuangan kartini, agar mereka yang melihat kulisan, benar-benar mengerti bagaimana perjuangan Ibu kartini,” ungkapnya, Sabtu (21/4/2018).

Dari lukisan tersebut, lanjutnya, banyak orang yang terinspirasi dan kemudian ingin memilikinya. Bahkan, tak sedikit pula yang meminta diajarkan caranya membuat lukisan dari pelepah pisang. Terlebih, bahan baku sangat mudah untuk didapatkan, apalagi di wilayah perdesaan.

”Selain ramah lingkungan, pelepah pisang juga sangat mudah untuk didapatkan. Apalagi, setekah buah pisang matang, rata-rata batangnya (edebog) ditebang dan kemudian dibuang begitu saja. Kan eman-eman. Kalau misalnya bisa menjadi karya seni, kenapa tidak kita manfaatkan,” terangnya.

Bersama dengan Tirem Gallery, Jafar sering mengembangkan lukisan pelepah pisang itu. Tidak sedikit pula anak-anak sekolah yang mampir ke Tirem gallery untuk sekedar mengetahui lukisan jafar. Sesekali mereka juga belajar untuk melukis.

”Untuk pembuatannya sendiri, pelepah pisang harus yang sudah kering agar lebih mudah pada saat proses pengeliman. Sedangkan untuk warna, masing-masing pelepah mempunyai karakter warna tersendiri, sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan pelukis. Setelah itu, bingkai lukisan dengan figura agar terlihat lebih cantik,” terangnya.

Dalam membuat lukisan kartini ini, dia mengaku hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Yang terpenting, semua bahan sudah siap dan tinggal merangkainya menjadi sebuah lukisan yang artistic dan kharismatik.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...