Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Warga Kunden Grobogan Selamatkan Seekor Kera yang Dihanyutkan di Sungai Lusi

MuriaNewsCom, Grobogan – Seekor kera yang sempat dihanyutkan di sungai Lusi berhasil diselamatkan warga, Jumat (20/4/2018). Kera tersebut berhasil diamankan ke pinggiran sungai di bawah jembatan Bandang di Kelurahan Kunden, Kecamatan Wirosari, Grobogan, sekitar pukul 16.00 WIB.

Informasi yang didapat MuriaNewsCom menyebutkan, penyelamatan kera itu berawal dari kecurigaan sejumlah warga yang memancing ikan di pinggiran sungai. Saat itu, warga melihat ada rakit dari pelepah pisang yang di atasnya ada kandang kayu sedang terseret arus sungai.

Semula, kandang kotak itu dikira sampah kayu seperti biasanya. Namun, saat diperhatikan, ternyata ada benda bergerak-gerak di dalamnya. Ketika diperhatikan lebih teliti, benda yang bergerak-gerak itu adalah seekor kera.

“Beberapa warga kemudian mencari bambu panjang untuk menjangkau rakit pelepah pisang yang posisinya agak ditengah sungai. Akhirnya, rakit berhasil dipinggirkan ke daratan. Dalam kandang itu memang ada seekor kera,” kata anggota Pramuka Peduli Kwarcab Grobogan Susilo Utomo yang rumahnya kebetulan tidak jauh dari lokasi itu.

Setelah ada di daratan, warga kemudian membuka pintu kandang dengan tujuan agar kera itu bisa keluar ke alam bebas. Namun, kera tersebut ternyata hanya bisa keluar sekitar satu meter saja dari posisi kandang. Soalnya, bagian perutnya terikat rantai yang dikaitkan kayu kandang.

Warga tidak berani membuka ikatan rantai tersebut. Ketika didekati, kera itu terlihat agresif. Terkait adanya penemuan kera itu, Susilo sudah menghubungi petugas Damkar Wirosari agar membantu evakuasi. Sambil menunggu petugas, keberadaan kera itu jadi tontonan warga.

“Kera kelihatan galak. Mungkin stress. Tapi, tadi sudah dikasih makan pisang sama warga,” jelas Susilo.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Grobogan Riyanto menyatakan cukup kaget ketika dikabari kejadian itu. Riyanto langsung memerintahkan stafnya untuk membantu penyelamatan kera tersebut ke lokasi yang lebih aman.

“Ini, saya sudah minta staf di Wirosari untuk meluncur ke lokasi penemuan kera,” katanya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...