Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penghuni Lapas Kelas II B Pati Lakukan Perekaman E-KTP

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak 215 penghuni lapas Kelas II B Pati, melakukan perekaman e-KTP di lapas setempat, Rabu (18/4/2018). Itu dilakukan agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub  maupun Pilpres 2019 mendatang.

Kepala Bagian Pembinaan Lapas Kelas II B Pati, Krismianto mengatakan, sebelumnya data yang diberikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari hasil rekapitulasi data pemilih, ternyata hanya ada 45 warga penghuni lapas yang terdata. Akan tetapi, setelah dilakukan pendataan ulang oleh pihak lapas sendiri, ternyata jumlahnya bertambah.

“Untuk yang melakukan rekaman E-KTP, hari ini ada 170 orang penghuni lapas. Tiga diantaranya adalah penghuni perempuan,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Pati, Imbang Stiawan mengatakan, pendataan ulang ini sebagai upaya  agar warga binaan Lapas kelas II B pati bisa menggunakan hak pilihnya dalah pilgub maupun pilpres 2019 mendatang.

“dari hasil rekapitulasi, ternyata masih ada yang belum terdata. Untuk itu, kami bersama dengan Dispendukcapil Pati, bekerjasama untuk melakukan rekaman kepada mereka yang belum terdaftar, agar mendapatkan data yang akurat dan mutakhir,” terangnya.

Lebih lanjut, dari hasil pendataan yang dilakukan oleh KPU di lapas tersebut, ada beberapa nama yang tidak sesuai dengan data diberikan oleh pihak lapas. Seperti nama panggilan yang tidak sesuai dengan data yang masuk.

“Pertama, kami melakukan rekaman untuk 215 nama yang ada di lapas pati. Kalau nantinya mereka sudah terdata di Dispendukcapil, maka datanya akan langsung kami masukkan ke daftar pemilih. Apabila ternyata belum terdaftar, maka mereka pihak dispendukcapil akan melakukan rekaman terlebih dahulu,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...