Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hebat, Posyantek Pati Ciptakan Alat Pemanen Garam

MuriaNewsCom, Pati – Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Poisyantek) Minatani, Kecamatan Wedarijaksa, Pati kembali membuat terobosan baru, yakni dengan membuat alat pemanen garam. Bukan tanpa alasan, alat tersebut diciptakan untuk mempermudah petani garam, baik pada saat proses pengambilan air maupun proses pengerukan saat panen.

Berdasarkan penuturan Kasi Pengembangan Kapasitas Masyarakat dan Teknologi Tepat Guna pada Dispermades Pati, M Sugiharto, alat tersebut mempunyai tiga manfaat, salah satunya adalah untuk membuat meja garam.

Itu bisa dilihat dari bagian depan alat dengan bentuk yang memanjang disertai dengan roda berbentuk silinder. Sehingga, kondisi tanah yang digunakan untuk menjemur air alut bisa lebih halus dan kuat.

”Proses semacam ini, tentu akan mempermudah petani garam. Sebab, mereka tidak perlu lagi menggunakan kayu sebagai alat tradisional dengan hasil yang sedikit,” tuturnya, Rabu (18/4/2018).

Selain itu, tepat dibagian belakang mesin juga terdapat alat untuk mengambil air laut sebagai bahan dasar pembuatan garam. Dengan begitu, petani tidak perlu menggunakan cara manual, yakni mengambil air menggunakan ember atau ditimba.

”Intinya, alat ini memang mempermudah petani garam untuk melakukan aktivitas pengambiln air maupun nanti pada saat panen,” tegasnya.

Menurutnya, pihak Kkementerian Desa juga sudah memesan alat tersebut dengan jumlah lumayan banyak. Tahun lalu, kemendes memesan sebanyak 30 unit mesin pemanen garam. Sedangkan untuk tahun ini hanya 20 unit.

”Berbagai inovasi akan terus kami ciptakan, agar para petani di Indonesia bisa lebih mudah dalam bertani. Tentunya dengan memakai konsep efisiensi dan dengan kualitas yang mumpuni,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...