Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ganggu Estetika, Panwaslu Grobogan Minta Pemasangan APK di Depan Sekolah Dipindah

MuriaNewsCom, Grobogan – Panwaslu Grobogan akhirnya mengambil sikap terkait pemasangan sejumlah alat peraga kampanye (APK) Pilgub yang ditempatkan di depan gedung sekolah. Pihak Panwaslu meminta KPU agar memindahkan APK tersebut ke lokasi lain.

Ketua Panwaslu Grobogan Agus Purnama mengatakan, pemasangan APK di depan sekolahan memang tidak melanggar aturan. Namun, dari sudut pandang estetika, pemasangan di depan sekolahan dinilai mengganggu.

“Pemasangan APK yang ada persis di depan sekolahan memang tidak melanggar aturan. Tapi dari segi estetika, itu cukup mengganggu,” katanya, Selasa (17/4/2018).

Agus menegaskan, terkait dengan pemasangan APK di depan sekolah, seperti di depan SDN 03 Putat, Kecamatan Purwodadi, pihaknya menyarankan agar KPU Grobogan memindahkan ke lokasi lain. Sedangkan APK yang terpasang di seberang sekolah, seperti di Desa Terkesi, Kecamatan Klambu dinilai tidak masalah alias tidak perlu dipindahkan.

“Selain di depan sekolahan, kami dapat laporan adanya pemasangan APK yang berhimpitan dengan pagar kantor desa. Untuk pemasangan APK ini juga kami minta supaya dipindahkan ke tempat lain,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif mengatakan, hingga saat ini, pihaknya belum menerima rekomendasi dari Panwaslu terkait pemasangan APK. Pihaknya akan memindahkan APK setelah rekomendasi Panwaslu diterima.

“Kalau nanti ada rekom Panwaslu soal penempatan APK akan kita tindaklanjuti. Kita akan pindahkan ke lokasi lain,” terangnya.

Ia menyatakan, pemasangan APK itu dinilai tidak menyalahi ketentuan. Meski letak pemasangannya sangat berdekatan dengan sekolahan.

“Yang tidak diperbolehkan itu kalau dipasang di lahan milik lembaga pendidikan. Kalau yang itu tadi kan di luar lahan lembaga pendidikan. Posisinya masih di pinggir jalan yang kebetulan dekat sekolahan,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...