Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kios Terbakar, Pedagang Pasar Pagi Purwodadi Kalang-Kabut Selamatkan Dagangan

MuriaNewsCom, Grobogan – Puluhan pedagang di Pasar Pagi Purwodadi, Grobogan sempat dilanda kepanikan, Selasa (17/4/2018). Situasi ini terjadi menyusul adanya musibah kebakaran yang menimpa salah satu kios yang ada di dalam pasar tersebut.

Lokasi kebakaran menimpa kios nomor B/30 yang berdekatan dengan tempat penjualan daging. Sehari-hari, kios itu digunakan untuk tempat usaha penggilingan daging buat bahan bakso.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kebakaran diketahui sekitar pukul 16.00 WIB. Saat kebakaran terjadi, kios sudah dalam kondisi tutup.

Saat kejadian, masih banyak kios yang masih buka. Kemudian di tempat lapak juga banyak pedagang yang sedang menata barang dagangan.

Kebakaran diketahui oleh pedagang seiring keluarnya asap tebal dari beberapa lubang ventilasi kios. Beberapa pedagang sempat merasakan udara panas saat lewat lorong disamping dan depan kios tersebut. Lokasi kebakaran memang berada di deretan kios bagian dalam dan posisinya paling ujung selatan.

Mengetahui ada kebakaran, beberapa pedagang segera melaporkan pada petugas pasar dan selanjutnya diteruskan pada kantor damkar. Puluhan pedagang yang berada di dekat lokasi tampak sibuk mengemasi barang dagangan untuk ditempatkan ke lokasi aman.

Beberapa pedagang juga menghubungi pemilik kios yang terbakar dan pemilik kios lainnya yang saat itu sudah tutup untuk mengabarkan kebakaran tersebut. Saat kebakaran terjadi, sebagian pedagang sempat berinisiatif untuk melakukan pemadaman darurat. Namun, upaya ini terkendala karena pintu kios tertutup rapat dan digembok.

Pemadaman akhirnya bisa lebih mudah dilakukan setelah pintu kios berhasil dibuka. Sejumlah petugas damkar yang didukung tiga armada kemudian berjibaku memadamkan api yang sudah melalap freezer, mesin penggilingan dan genset. Setelah berjibaku selama hampir dua jam, kobaran api yang sudah melalap ternit atap kios itu berhasil dijinakkan.

“Api sudah berhasil kita atasi. Tidak ada korban dalam peristiwa tadi. Untuk nilai kerugian mungkin sampai puluhan juta,” kata Kasi Damkar BPBD Grobogan Paiman.

Sarjono, pemilik kios yang terbakar menyatakan, setelah selesai menggiling daging, ia sempat memperbaiki mesin penggilingan hingga pukul 13.00 WIB. Setelah itu, ia pulang ke rumahnya di Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan.

“Beberapa jam kemudian saya dikabari kalau kios terbakar. Untuk penyebabnya, kemungkinan konsleting listrik,” katanya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...