Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dinsos Pati Lakukan Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas

MuriaNewsCom, Pati – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pati melakukan pemantapan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas di Aula Kecamatan Telogowungu, Selasa (17/4/2018). Dalam kegiatan tersebut, para penyandang disabilitas diharapkan tidak minder dalam melakukan interaksi sosial di masyarakat.

Kepala Bidang rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinsos Pati, Rinda Ardiyani mengatakan, rehabilitasi sosial adalah suatu proses kegiatan pemulihan secara terpadu, baik fisik, mental maupun sosial. Sehingga, para penyandang disabilitas bisa lebih percaya diri dan tidak minder berhadapan dengan orang lain.

”Kegiatan ini sangat penting. Sebab, kami tidak hanya menghadirkan narasumber dari Dinsos saja, tetapi ada juga yang dari RSUD Soewondo untuk memberikan motivasi kesehatan kepada para penyandang disabilitas,” ungkapnya.

Selain itu, dihadirkan juga pelaku usaha untuk memberikan keterampilan wirausaha kepada penyandang disabilitas. Harapannya, usai mendapatkan pelatihan tersebut, mereka dapat mengembangkan usaha sehingga mampu berwirausaha secara mandiri.

”Program ini sifatnya berkelanjutan.  Setelah mereka diberikan pelatihan, nanti juga akan kami berikan modal usaha, baik berupa bantuan alat ataupun kapital,” imbuhnya.

Pelatihan diikuti oleh 90 penyandang disabilitas dari empat kecamatan, yakni Kecamatan Tlogowungu, Gembong, Margoyoso, dan Gabus. Rata-rata mereka adalah penyandang disabilitas yang masih berusia produktif.

”Yang ingin kami tekankan di sini adalah, bahwa keterbatasan fisik jangan sampai menjadikan mereka lemah, apalagi sampai putus asa. Bersyukur, berkarya dan terus berusaha adalah kuncinya. Apabila mereka mempunyai keterampilan, kami akan siap mendampingi dan memberikan bantuan  agar ketterampilannya tersebut bisa dikembangkan,” tutupnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...