Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemasangan APK di Depan Sekolahan Disoal, Begini Jawaban KPU Grobogan

MuriaNewsCom, Grobogan – Pemasangan alat peraga kampanye (APK) Pilgub 2018 berupa spanduk di wilayah Grobogan yang dilakukan beberapa hari lalu mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Hal ini terkait adanya pemasangan APK yang letaknya ada di depan sekolahan.

Mereka menilai pemasangan APK itu dinilai kurang pas. Soalnya, lokasinya berdekatan dengan lembaga pendidikan.

Dari penelusuran MuriaNewsCom, memang ada pemasangan spanduk APK yang berdekatan dengan sekolahan. Antara lain, di Desa Terkesi, Kecamatan Klambu dan Desa Putat, Kecamatan Purwodadi.

Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif saat dimintai komentarnya menyatakan, pemasangan APK itu dinilai tidak menyalahi ketentuan. Meski letak pemasangannya sangat berdekatan dengan sekolahan.

“Yang tidak diperbolehkan itu kalau dipasang di lahan milik lembaga pendidikan. Kalau yang itu tadi kan di luar lahan lembaga pendidikan. Posisinya masih di pinggir jalan yang kebetulan dekat sekolahan,” jelasnya, Senin (16/4/2018).

Menurutnya, hingga saat ini, pihaknya sudah mendapat kiriman APK berupa spanduk dari KPU Provinsi Jateng. Jumlahnya sebanyak 1.120 unit yang didistribusikan ke 280 desa/kelurahan. Tiap desa dapat 2 paket atau empat spanduk.

“APK berupa spanduk ini dipasang di tempat strategis yang mudah dilihat banyak orang. Bisa jadi, tempat strategis di desa itu berada di dekat sekolahan sehingga dipasang di situ. Pemasangan spanduk dilakukan PPK dan PPS setempat,” cetusnya.

Selain spanduk, ada dua jenis APK lagi yang akan diterima. Yakni, umbul-umbul dan baliho. Alokasi umbul-umbul sebanyak 380 paket yang akan dibagi ke 19 kecamatan. Tiap kecamatan dapat jatah 20 pasang atau paket umbul-umbul.

“Untuk baliho dapat lima unit. APK baliho akan dipasang pada tiap daerah pemilihan pada tempat paling strategis. Untuk baliho dan umbul-umbul akan dikirimkan dalam waktu dekat,” sambungnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...