Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ternyata Ini Penyebab Disdikbud Pati Lamban Serap Anggaran

MuriaNewsCom, Pati – Terkait lambannya penyerapan anggaran oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati pada triwulan I, mendapatkan respon dari pihak terkait.

Suwarno, Plt Disdikbup Pati mengaku, minimnya penyerapan itu lantaran pihaknya masih menyesuaikan proses pembayaran, yang awalnya dilakukan secara tunai, berubah menjadi pembayaran nontunai.

Itu mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 235 tahun 2015 tentang Konversi Penyaluran Dana Bagi Hasil (DBH) Dan/Atau Dana Alokasi Umum (DAU) Dalam Bentuk Nontunai.

“Sebenarnya sudah banyak yang kami kerjakan, tetapi Surat Pertanggungjawaban (SPJ) masih dalam proses pengerjaan. Ditambah lagi dengan pembayaran tunai menjadi nontunai, sehingga kami butuh adaptasi terlebih dahulu,” akunya, Senin (16/4/2018).

Dia mengatakan, dalam waktu dekat, penyerapan dengan target maksimal 25 persen, akan segera terrealisasikan. Pihaknya juga memastikan, pada laporan triwulan II, semua anggaran akan diserap secara maksimal.

“Sebelum maret kemarin, bendahara kami memang masih takut untuk membayarkan anggaran tersebut. Tetapi, tadi sudah ada pengarahan dari Pak Bupati Haryanto dan nanti akan kami koordinasikan dengan bendahara,” imbuhnya.

Dia mengaku, yang dikerjaan Disdikbud pada awal-awal tahun memang agak lambat, karena yang bias dikerjakan hanya sebatas sosialisasi. Tetapi, memasuki Triwulan II, anggaran kami pastikan akan terserap semuanya, kecuali yang sudah gagal lelang.

“Kadang kami masih menunggu petunjuk teknis (Juknis), ada lagi yang menunggu sampai proses lelang. Nanti kalau sudah triwulan III dan IV, semua anggaran itu pasti akan terserap semuanya,” tutup Suwarno.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...