Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jepara Diusulkan Punya BNNK Tahun Depan, Tapi Ada Syaratnya…

MuriaNewsCom, Jepara – Kabupaten Jepara diusulkan BNNP Provinsi Jateng sebagai salah satu daerah yang akan dibentuk Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK). Hal itu melihat pada tingkat peredaran narkoba yang cukup tinggi.

“Untuk Jepara sudah kami usulkan ke pusat (BNN) untuk dapat dibentuk BNNK, mengingat sudah pernah ada ungkap kasus yang cukup besar. Namun tak serta merta dapat didirikan, hal itu juga menilik kesiapan pemerintah kabupaten,” tutur petugas penyuluh BNNP Jateng Andy Sri Hariyadi, ditemui di sela kegiatan Jepara Otomotif Association di Stadion Gelora Bumi Kartini, Sabtu (14/4/2018) siang.

Kesiapan pemerintah kabupaten diantaranya terkait penyediaan lahan, penyediaan gedung dan personel. Andy tak menyebut berapa lahan dan bangunan yang harus dipersiapkan, namun menurutnya salah satu hal pokok dalam pendirian BNNK adalah item-item tersebut.

Untuk personel, menurutnya, harus ada tiga bidang yakni pencegahan, pemberantasan dan rehabilitasi. Ketiga bidang tersebut menurutnya harus ada.

“Kalau luasan area dan gedung berapa tidak ada kriteria khusus dari BNN, yang terpenting ada lahan dan kantor. Kalau personelnya juga harus ada dari tiga bidang tersebut,” tuturnya.

Menurut dia, untuk tahun ini prioritas pendirian BNNK saat ini berada di Solo. Tahun depan diharapkan badan ini bisa terbentuk di Bumi Kartini.

Dikatakannya, prevalensi pengguna narkoba di Jateng sudah mencapai 1,16 persen atau 280 ribu jiwa dari total penduduk. Sementara jumlah pengguna di tingkat nasional mencapai 3,3 juta jiwa atau 1,77 persen dari keseluruhan warga Indonesia.

“Presiden Joko Widodo sudah mendeklarasikan bahwa peredaran narkoba di Indonesia dalam keadaan darurat. Penggunanya dari usia 30 tahun sampai 50 tahun,” ungkapnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...