Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Percantik Kawasan Pecinan, Pemkab Jepara Gelontorkan Dana Rp 1,25 Miliar

MuriaNewsCom, Jepara – Sebagai pusat perekonomian dan pusat kota Kabupaten Jepara, kawasan Pecinan yang berada di Jalan Diponegoro saat ini memang masih terlihat semrawut dan juga kumuh. Bahkan banyaknya mobil yang parkir membuat jalan kian semrawut dan menimbulkan kemacetan.

Oleh karena itu, untuk mengubah tata kota dan wajah baru kawasan pecinan tersebut Pemerintah Kabupaten Jepara telah merancang dan menganggarkan pembangunan tersebut pada tahun 2018 sebesar Rp 1,25 M.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jepara, Budiarto ST MT mengaku pihaknya telah mengajukan anggaran untuk mengubah dan mempercantik wajah kawasan pecinan. Rencananya boulevard (taman yang berada ditengah jalan) akan dibongkar sehingga jalan lebih lebar dan bisa menjadi 2 lajur searah.

“Untuk saat ini kan masih satu lajur dan terlihat semrawut karena banyaknya pengendara yang parkir. Namun segera mungkin kawasan tersebut akan dibenahi, dipercantik dan diperindah,” ungkap Budiarto.

Menurutnya alokasi anggaran tahun 2018 untuk pembangunan tersebut sudah disetujui sebesar Rp 1.25 M. Untuk saat ini Dinas PU tengah melakukan lelang pembangunan jalan tersebut. “Setelah ditetapkan pemenang lelang, pembangunan akan langsung dilaksanakan. Target kami awal Mei ini sudah ditentukan pemenangnya,” jelasnya.

Dia menambahkan, selain memperlebarn jalan, trotoar di kawasan Pecinan tersebut juga akan dilebarkan, sehingga akan semakin nyaman bagi para pejalan kaki. “Nantinya trotoarnya kanan kiri dilebarkan, masing-masing ditambah 50 centimeter,” tambahnya.

Tak hanya itu, lanjut Budiarto, pihaknya juga akan menata lampu-lampu penerangan jalan dengan lampu yang lebih cantik dan lebih terang. “Nanti kami juga akan menata tamannya juga dengan menambahkan pohon-pohon peneduh,” katanya.

Dia berharap dengan pembangunan dan penataan ulang tersebut akan meningkatkan perekonomian di Jepara dan menarik wisatawan agar lebih nyaman saat berkunjung ke Jepara. “Selain itu juga akan menambah nilai Adipura,” harap Budiarto.

Sementara itu, Lanik salah seorang pemilik toko di Jalan Diponegoro mengaku sangat senang dengan rencana Pemkab Jepara yang akan menata ulang kawasan tersebut. Pasalnya selama ini sebagai pusat kota, kawasan tersebut masih jauh tertinggal dari kabupaten lainya.

“Semoga dengan adanya penataan ulang, perekonomian Jepara lebih meningkat dan lebih maju lagi. Dan lebih ramai pengunjung. Kami sangat senang dengan adanya rencana pembangunan tersebut,” ungkap pemilik toko elektronik itu.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...