Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus Launching Trauma Center

MuriaNewsCom, Kudus – Rumah Sakit Mardi Rahayu (RSMR) Kudus meluncurkan layanan Trauma Center (TC), Rabu (11/4/2018). Dengan layanan tersebut, rumah sakit mampu menangani pasien gawat darurat dalam keadaan massal.

Dalam launching tersebut juga disimulasikan, bagaimana tim medis yang disiapkan oleh RSMR, menangani puluhan orang, yang diskenariokan mengalami kecelakaan.

Direktur Utama RSMR dr. Pujianto, M.Kes, mengatakan, Trauma Center merupakan satu dari tiga pusat unggulan layanan RS Mardi Rahayu. TC yang dimiliki rumah sakit ini mengacu pada konsep American College of Surgeons (ACS), yang mendedikasikan diri untuk menangani semua kasus trauma, termasuk trauma mayor guna mencegah terjadinya komplikasi dan kecacatan pada level 2 dari 5 level trauma center.

“Sebagai Trauma Center Level 2, RSMR mendedikasikan diri untuk memberikan terapi definitif awal untuk semua kasus trauma dengan sumber daya yang siap 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu,” ujarnya, saat meluncurkan TC berbarengan dengan layanan ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy).

Ia menyebut, trauma center didukung oleh dokter-dokter spesialis bedah umum, bedah ortopedi, bedah syaraf, dokter spesialis anestesi, IGD, Instalasi Laboratorium dan Bank Darah. Selain itu, adapula instalasi radiologi, instalasi farmasi,instalasi kamar bedah dan didukung oleh administrasi pelayanan serta staf medis.

“Dan sebagai rumah sakit tipe B, RSMR juga siap menjadi rumah sakit rujukan untuk pasien trauma di Kudus dan sekitarnya. Untuk trauma yang levelnya lebih tingi seperti kasus bedah jantung, bedah mikrovaskular dan replantasi serta burn center, kami telah mengadakan kerjasama dengan Rumah Sakit Dr. Kariyadi, sebagai pusat rujukan di Provinsi Jawa Tengah,” imbuh Puji.

Guna mendukung semua hal itu, RSMR dilengkapi ambulan sebagai  sarana evakuasi dan transportasi pasien dari tempat kejadian, menuju rumah sakit. Layanan ini siaga 24 jam penuh dan dapat dihubungi melalui hotline 0811 2710 911.

“Selain itu, RSMR juga menyelenggarakan program pencegahan trauma dan refreshing penanganan trauma, bagi seluruh staf medik yang terlibat dalam penanganan trauma. Selain itu kami juga telah berulang kali mengadakan pelatihan pertolongan pertama gawat darurat pada perusahaan, komunitas rohaniawan, kaum muda dan klub mobil,” lanjut dia.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...