Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ternyata Ini yang Buat Petani di Kudus Enggan Urus Kartu Tani

0 577

MuriaNewsCom, Kudus – Meskipun jumlah penerima kartu tani di Kabupaten Kudus terbilang tinggi, namun sebagian petani di Kudus masih enggan mengurus kartu tani. Selain faktor usia, lahan yang digarap petani juga sering terkena bencana.

Moch Rozi Admin Pendataan Kartu Tani Dinas Pertanian Kabupaten Kudus mengatakan, dua faktor tersebut membuat petani ogah mengurus kartu tani. Apalagi jumlah pupuk bersubsidi yang diterima juga terbatas.

”Petani yang memiliki lahan banyak merasa percuma lantaran pupuknya yang didapat tak cukup. Itu yang membuat petani enggan urus kartu tani,” katanya.

Diakuinya, meskipun petani belum memiliki kartu tani, mereka masih bisa membeli pupuk subsidi.  “Kalau sudah terdaftar di dalam SIMPI,  bisa beli pupuk dengan kuota yang sudah ada di SIMPI,”  sambung dia.

Namum petani yang belum memiliki kartu tani,  dan juga belum terdaftar di Sistem Infomasi Manajemen Pangan Indonesia (SIMPI) tidak bisa mendapatkan pupuk subsidi.  Mereka pun harus membeli pupuk dengan harga normal.

“Tetapi kalau dia tidak terdaftat di SIMPI dia tidak bisa membeli pupuk subsidi,  karena tidak memiliki kuota, ” lanjutnya.

Ditambahkan hingga hari ini,  merupakan hari terakhir pengupload data penerima kartu tani.  Sehingga petani yang belum terdaftar akan baru diusulkan pada tahapan selanjutnya.

“Hari ini merupakan hari terakhir pengupload-an data ke SIMPI. Kita prioritaskan petani non LMDH. Namun kalau petani masih belum terdaftar akan dimasukan ditahapan selanjutnya. “pungkasnya.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.