Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Terkendala Proses Cetak, Penerima Kartu Tani di Kudus Baru 19.768 Orang

MuriaNewsCom,  Kudus – Penerima kartu tani di Kabupaten Kudus terus bertambah. Hingga 31 Maret bulan lalu, sedikitnya ada 19.768 petani yang sudah mengantongi kartu tani. Jumlah tersebut masih kurang dari separuh petani yang terdaftar di dalam Sistem Informasi Manajemen Pangan Indonesia (SIMPI).

“Hingga pertanggal 31 Maret lalu, ada 19.768 petani di Kudus yang sudah menerima kartu tani. Jumlah ini tak ada separuhnya dari petani yang terdaftar di SIMPI yang mencapai 41.968 petani,” jelas Admin Dinas pertanian Kabupaten Kudus Moch Rozi kepada MuriaNewsCom Senin (9/4/2018).

Disebutkan ada sekitar 22.200 petani yang belum menerima kartu tani. Hal tersebut karena masih menunggu proses cetak dari bank BRI. “Dari cetak BRI itu membutuhkan waktu sekitar 1,5 bulan hingga 2 bulan,” lanjutnya.

Sementara, dari pihak Dinas Pertanian Kabupaten Kudus telah melakukan upaya untuk meningkatkan jumlah penerima kartu tani seperti melakukan penyuluhan ke petani-petani.

“Kita targetnya secepatnya petani di Kudus menerima kartu tani. Selama ini kita sudah melakukan penyuluhan kepetani-petani,” lanjutnya.

Dirinya berharap supaya petani di Kabupaten Kudus yang belum terdaftar untuk segera mendaftarkan. Lantaran untuk memperoleh kartu tani persyaratannya sangat mudah.

“Petani cukup membawa KTP,  KK,  Tupi pajak sawah yang digarap atau surat keteranga, yang kemudian diserahkan kepada penyuluh,” pungkasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...