Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ibu Hamil Jangan Kesampingkan Daun Katuk, Manfaatnya Luar Biasa

MuriaNewsCom, Kudus – Jenis tanaman liar yang sering tumbuh di pekarangan rumah atau di pinggir-pinggir jalan, salah satunya adalah tumbuhan Katuk. Banyak yang tidak tahu bahwa Katuk mempunyai manfaat yang luar biasa bagi ibu hamil.

Berdasarkan penuturan salah satu Bidan di Kudus, Novy Andriyani, tumbuhan Katuk terutama daunnya mampunyai kandungan yang sangat bagus untuk wanita yang sedang hamil tua. Sebab, daun Katuk mempunyai kandungan nutrisi dan laksium.

“Wanita yang hamil tua, payudaranya akan semakin membesar karena ada kandungan air susu ibu (ASI) yang nantinya dikonsumsi oleh bayi. Kalau dia memakan daun Katuk, kandungan ASI-nya akan semakin bertambah,” ungkap Novy, Jumat (6/4/2018).

Selain itu, pasca melahirkan pun diperkenankan untuk mengkonsumsi daun Katuk. Pasalnya, itu akan memperlancar jalannya ASI.

“Sebisa mungkin konsumsi daun Katuk. Meskipun itu tumbuh liar, tapi manfaatnya sangat besar,” tegasnya.

Menurutnya, pemanfaatan daun Katuk di kalangan ibu hamil masih sangat minim. Di samping itu, banyak juga warga yang tidak tahu apa daun Katuk itu.

“ketika ada pasien kemudian saya suruh untuk makan daun Katuk, dia malah tidak tahu apa itu daun Katuk. Kan lucu, padahal tumbuhan itu banyak berserakan di pekarangan,” sentilnya.

Dia berharap daun Katuk itu bisa dikenal oleh masyarakat dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Selain ibu hamil, daun itu juga sangat bagus bila dikonsumsi harian.

“Bisa menjadi sayur ataupun diolah menjadi makanan ringan. Yang penting, jangan ragu untuk konsumasi daun Katuk,” tandasnya

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...