Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ini Upaya Pemkab Jepara Eliminir Masalah Sampah di Pantai Teluk Awur

MuriaNewsCom, Jepara – Wisata pantai Jepara menjadi unggulan pemasukan bagi pemerintah kabupaten. Namun setiap kali Musim Baratan tiba, sampah pasti menjadi masalah. Lalu bagaimana aksi pemkab mengantisipasi hal yang selalu berulang setiap tahun itu.

Hal itu MuriaNewsCom tanyakan pada Bupati Ahmad Marzuqi dan Wakil Bupati Dian Kristiandi, pekan ini. Menurut mereka ada masalah pelik yang mendesak segera diselesaikan.

“Situasi memang tak menguntungkan di hilir, karena sampah berawal dari hulu sungai, dimana masyarakat membuang sampahnya di sungai,” kata Marzuqi.

Hal itu diamini oleh Dian Kristiandi. Menurutnya kesadaran masyarakat membuang sampah dengan benar memang masih memrihatinkan. Selain imbauan, pihaknya mengaku telah membentuk Satuan khusus guna mengatasi permasalahan itu.

“Sudah ada tenaga penanggulangan sampah. Kami juga rajin turun ke lapangan untuk kemudian membersihkan permasalahan sampah, terutama di Pantai Teluk Awur,” tuturnya.

Selain itu, ia telah bekerjasama dengan hotel-hotel yang ada di sekitar pantai. “Kami minta kerjasama dari mereka, apakah dengan kondisi banyaknya sampah tamu-tamu mereka senang. Tentu tidak, maka dari itu kita minta mereka juga turun tangan,” imbuh Dian.

Menurut Kepala Desa Teluk Awur Asrofi, sampah di Pantai Teluk Awur bisa mencapai 10 ton. Tumpukan sampah itu, berasal dari buangan warga yang berada di hulu sungai.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...