Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

H-10 Lebaran Tol Semarang-Batang Siap Digunakan Mudik

MuriaNewsCom, Semarang – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri Irjen Pol Royke Lumowa optimistis jalan tol Semarang-Batang bisa difungsikan untuk mudik pada H-10 Lebaran. Keyakinan ini muncul setelah Kakorlantas meninjau langsung perkembangan pembangunan Tol Trans Jawa tersebut.

Meski masih ditemukan sejumlah kendala, namun Kakorlantas optimis jalan tol Semarang – Batang bisa digunakan fungsional. “Kita optimis, pada mudik Lebaran yang akan berlangsung pada awal Juni 2018 nanti, Tol Semarang-Batang sudah dapat digunakan,” katanya.

Ia menjelaskan, meski progres pembangunanya cukup lancar usai melewati musim hujan, masih ada beberapa titik lokasi yang perlu segera diatasi. Titik lokasi tersebut di antaranya beberapa rumah dan sebuah masjid di kawasan Kali Kangkung, Ngaliyan, Semarang,  yang masih berdiri kokoh di tengah pembangunan proyek jalan tol.

“Semarang Batang fungsional, karena ini fungsional untuk tidak jalan malam dulu. Kalau siang hari cukup aman, kalau aman ya aman, namun harus hati-hati,” ujarnya.

Menurut laporan pihak PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol, proses negosiasi antara pihak tol dengan warga terkait pembongkaran masjid telah selesai dan tinggal menunggu waktu pembongkaran.

“Memang masih terkendala beberapa spot lokasi lahan. Kami berkoordinasi dengan PPK, kami punya sisa waktu kurang lebih 60 hari. Diharapkan  untuk pertengahan bulan april untuk  tanah jalur arus mudik balik bisa dapat digunakan,” ungkap Ari Irianto, Dirut Jasa Marga Semarang-Batang.

Terkait Masjid Al Mustaghfirin yang hingga saat ini masih berdiri di proyek tol, ia mengklaim sudah berkoordinasi dengan para takmir untuk menggunakan lahan tersbeut sebagai jalan tol Semarang-Batang.

“Kami sudah koordinasi dengan nadzir dan takmirnya karena mereka ingin aktivitas ibadah salat Jumat tidak terhenti. Alternatifnya, kita sewakan atau bangun penggantinya segera,” bebernya.

Pihaknya juga tengah mempercepat proses pembangunan masjid pengganti. Setelah masjid baru selesai pembangunannya, masjid yang ada di area tol tersebut baru akan dibongkar. Kemungkinan pada akhir April 2018.

Secara umum, Tol Semarang-Batang akan dilengkapi fasilitas lima exit tol. Pertama di Kandeman, Weleri, Kendal, Kaliwungu dan Krapayak yang terhubung dengan tol dalam kota Semarang. “Kita upayakan sudah seperti tol permanen,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...