MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jadi Langganan Banjir, Tiap Tahun Petani Pati Selatan Rugi Rp 800 Miliar

0 878

MuriaNewsCom, Pati – Dampak adanya luapan Sungai Silugangga, Juwana, petani di Pati Selatan mengalami kerugian hingga Rp 800 miliiar pertahun. Bahkan, sawah yang ada di bantaran sungai Juwana seketika menjadi rawa dan tak bisa ditanami.

“Setiap tahun, kami mengalami kerugian Rp 800 miliar karena sawah tidak bisa di panen. Kalau kami kebanjiran terus, bagaimana nasib kami ke depan!” Tegas Jumadi, salah satu orator dalam aksi warga Pati Selatan di depan Kantor DPRD pati, Kamis (5/4/2018).

Dia juga mengatakan, kondisi Sungai Juwana saat ini sudah mengalami pendangkalan karena sering kali banjir. Dari tahun ke tahun, kondisinya justru semakin buruk. Pada akhir tahun 2017 kemarin, sudah banyak lahan persawahan yang berubah menjadi rawa karena banjir. Bahkan sebagian dari mereka tidak ada yang bisa panen.

“Kami meminta agar Sungai Juwana segera dilakukan pengerukan. Apabila tidak dilakukan, kami akan melakukan aksi lagi dengan jumlah massa yang semakin banyak,” ungkapnya.

Kalau Sungai Juwana dikeruk, lanjutnya, maka kehidupan warga sekitar akan semakin membaik. Mereka juga tidak akan mengalami kerugian jingga miliyaran rupiah.

“Kami harap aspirasi ini bisa disampaikan oleh ketua DPRD Pati kepda Presiden agar petani tidak melulu terkena banjir,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Baca Juga: 

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.