Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sekolah Belum Bisa Terapkan UNBK? Ini Solusi Disdikbud Jawa Tengah

MuriaNewsCom, Kudus – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah terus mendorong sekolah di tingkat SMK maupun SMK untuk menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Kepala Disdikbud Jawa Tengah Gatot B Hastowo.

Menurutnya untuk penerapan pelaksanaan UNBK tidak hanya tergantung pada pemerintah saja. Melainkan juga perlu peran dari masyarakat juga. Disebutkan ada tiga tanggung jawab pendidikan, yang pertama pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat.

“Jadi tanggung jawab pendidikan ada tiga, pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat. Khusus fungsi dari masyarakat menyedikan bantuan kepada anak anaknya, ” paparnya kepada MuriaNewsCom Rabu (4/4/2018).

Namun dari pemerintah juga akan berusaha mendorong sekolah sekolah untuk melaksanakan UNBK dengan sesuai anggaran masing-masing. Hanya, masih adanya beberapa sekolah dalam pelaksanaan UNBK menggunakan sekolah lain.

Dijelaskan bahwa hal tersebut sudah diantisipasi dengan penjadwalan pelaksanaan UNBK untuk tiap jenjang sekolah. Khusus SMA sederajad dibagi dua, yakni SMK dan SMA/MA.

”Jadwalnya sudah diatur. Pekan pertama yakni tanggal 2, 3, 4, dan 5 itu untuk SMK. Di pekan kedua ganti SMA\MA dan SMP. Tanggalnya 11, 12, dan 13,” jelasnya.

Dengan jadwal itu, sekolah yang belum mampu melaksanakan UNBK bisa diperkenankan mengguakan fasilitas sekolah lainnya. “Artinya apa bahwa SMK juga bisa ujian menggunakan laboratoriumnya SMA atau sebaliknya,” tegasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...