Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Alamak! Tingkat Perekaman E-KTP di Kecamatan Gebog Paling Jeblok se-Kudus

MuriaNewsCom, Kudus – Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten kudus, sebagian besar warga yang belum melakukan rekaman E-KTP adalah di Kecamatan Gebog. Bahkan, totalnya mencapai 3.047 jiwa. Disusul kemudian Kecamatan Dawe sebanyak 2.996 jiwa.

Kepala Dukcapil Kudus Hendro Murtoyo mengatakan, jumlah tersebut terbilang cukup banyak dibandingkan dengan kecamatan lain. Akan tetapi, pihaknya optimistis akan mampu merampungkan rekaman hingga akhir april mendatang.

“Kami yakin akhir April semuanya sudah selesai melakukan rekaman. Kami juga sudah berkoordinasi dengan camat dan kepala desa setempat untuk menyadarkan masyarakat agar segera melakukan rekaman,” ungkapnya, Rabu (4/4/2018).

Sementara di Kecamatan Kaliwungu, jumlah warga yang belum melakukan rekaman ada sebanyak 2.776 jiwa. Selanjutnya disusul kecamatan Jekulo yang mencapai 2459 jiwa. Kecamatan Jati sebanyak 2.315, Kota Kudus sebanyak 1.815 jiwa, Kecamatan Undaan sebanyak 1.847, Mejibo 1.743 jiwa, dan Kecamatan Bae sebanyak 1.476 jiwa.

“Untuk penyebab masing-masing kecamatan, kami belum mengetahui secara pasti. Tetapi berdasarkan identifikasi yang kami lakukan, penyebabnya rata-rata karena merantau dan sebagian lahi ada yang meninggal,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dari total keseluruhan yang meninggal dunia atau karena pindah kependudukan, ada sebanyak 1.495 jiwa. “Kalau masing-masing kecamatan, kami belum mengetahui secara pasti. Tetapi secepatnya akan kami lakukan pendataan ulang,” tegas Hendro.

Dia berharap agar warga yang belum melakukan rekaman, bisa langsung datang ke kantor kecamatan setempat atau di Dukcapil. Sehingga, akhir April mendatang diharapkan semua warga Kudus sudah melakukan rekaman.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...