Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dhuh! Ruas Jalan Mayong-Nalumsari Jepara Rusak Parah

MuriaNewsCom, Jepara – Beginilah rupa jalan ruas Mayong-Nalumsari, rusak dan berlubang dibeberapa titik. Ini menjadikannya tak nyaman saat dilewati. Padahal, ruas ini boleh dibilang sebagai beranda terluar Kabupaten Jepara, karena berbatasan langsung dengan Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

Ruas tersebut boleh dibilang sebagai alternatif menuju Kota Kretek. Banyak kendaraan lalu lalang, memangkas waktu perjalanan jika hendak menuju Kudus bagian utara.

Seperti siang tersebut Selasa (3/4/2018), ruas jalan di depan kompleks pertokoan Gemiring Lor, Kecamatan Nalumsari nampak padat. Bukan karena ada acara, namun pengendara melambankan laju motornya untuk menghindari lubang jalan.

Meskipun beberapa ruas jalan telah dibeton, namun di beberapa titik terlihat beton tersebut telah terkelupas. Besi perkuatan beton tersebut bahkan mencuat dari tempatnya. Yang unik, jalan yang mengalami kerusakan berada di bagian kanan jalan dari arah Jepara.

Adi warga setempat, menurutnya kerusakan sudah terjadi sekitar setahun belakangan. Kerusakan jalan diduga karena jalan tak mampu menahan beban berat, yang diakibatkan truk bermuatan material terus melintasi ruas itu.

“Sudah sekitar setahunan. Rusaknya mungkin karena terus dilalui oleh truk pengangkut tanah urug, yang besar-besar. Angkutnya dari sekitar Muryolobo. Ini sudah mendingan kemarin diurug oleh PU (DPUPR Jepara),” ujarnya.

Dikatakannya, keadaan bisa jadi semakin parah ketika hujan datang. Genangan air tak cepat surut, karena tak bisa melimpas ke saluran air yang berada disamping kiri kanan.

Ia menyebut, dikala hujan tiba banyak kendaraan yang memilih melintasi jalur lain. Yakni melewati depan kantor Kecamatan Nalumsari ke utara lantas tembus ke Desa Pring Tulis.

Purnomo warga Jepara yang biasa melintas rute tersebut, juga mengeluhkan hal serupa. Menurutnya ia merasa terganggu dengan debu yang beterbangan ketika melintasi jalan tersebut.

“Selain itu, kalau hujan juga licin harus hati-hati,” paparnya.

Kedua warga tersebut berharap pemerintah kabupaten Jepara segera membenahi ruas tersebut. Lantaran, rute tersebut terbilang ampuh memangkas jarak ketika hendak menuju Kudus, terutama Kecamatan Gebog ataupun Dawe.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...