Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Drummer Cantik Ini Ternyata Peduli Penderita Thalassemia

MuriaNewsCom, Kudus – Hobi ternyata bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menolong sesama yang membutuhkan. Termasuk hobi bermusik dari gadis cantik yang satu ini.

Elaine Kusuma namanya. Di usianya yang masih 16 tahun ini, ternyata dirinya sangat peduli terhadap para penderita thalassemia atau penyakit kelainan darah. Kepeduliannya ini dimulai tahun lalu, ketika dirinya mengunjungi sejumlah rumah sakit, dan mendapati para penderita thalassemia yang sedang dirawat di sana.

”Saya kemudian merasa iba melihat mereka. Apalagi ada yang masih anak-anak. Saya mendengarkan keluh kesah mereka, dan merasa bahwa saya harus membantu. Salah satunya adalah dengan memulai mempelajari apa itu thalassemia, dan bagaimana pengobatannya,” jelasnya.

Thalassemia adalah penyakit kelainan darah, yang menyebabkan sel darah merah tidak dapat terbentuk sempurna. Elaine mengatakan, jika ini adalah penyakit turunan. Salah satu cara menghindarinya bisa dilakukan sebelum menikah.

”Kita dapat mencegah dengan antara lain melakukan pemeriksaan sebelum nikah,” bebernya.

Putri nomor dua dari dua bersaudara pasangan pengusaha John Kusuma dan Arlinda Nugroho ini, kemudian mengatakan kepada orangtuanya bahwa dirinya ingin membantu para penderita tersebut.

”Saya bilang sama papa saya, papi, aku harus berbuat sesuatu untuk mereka. Dan orang tua saya mendukung saya untuk itu,” jelasnya.

Tidak berhenti di sana. Elaine juga menggunakan hobinya dalam bermusik, untuk mengampanyekan kepeduliannya pada penderita thalassemia tersebut.

Dirinya melakukan beberapa pertunjukan, guna mengajak masyarakat untuk peduli. Salah satunya mengajak mereka untuk mendonorkan darahnya bagi para pederita.

”Penderita thalassemia atau kelainan darah ini, sangat membutuhkan bantuan kita. Salah satunya caranya dengan mendonorkan darah kita untuk mereka. Setetes darah kita bisa menyelamatkan mereka,” ujar gadis cantik ini.

Elaine mengatakan, dengan bermusik maka akan lebih mudah untuk mengampanyekan hal tersebut. Ini juga bentuk sosialisasi yang dilakukan pihaknya, sehingga masyarakat luas akan terbangun kesadarannya.

”Karena ternyata banyak orang yang belum tahu, apalagi care. Saya juga berharap, banyak orang sehat yang mau donor darah untuk penderita thalassemia,” ungkapnya.

Hobi Elaine memang bermusik. Dia adalah drummer andal, meski masih berusia sangat muda. Tidak ada yang mengajari Elaine main drum. Bahkan baru belakangan ada guru sekolah yang membimbingnya.

Di sekolah, Elaine bergabung dengan ”Joni” sebuah group band yang semua personelnya terdiri dari perempuan. Grup bandnya juga sering mendapatkan penghargaan.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...