Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Puluhan Pramuka Saka Taruna Bumi Grobogan Dilatih Operasikan Alsintan Modern, Ini Tujuannya

MuriaNewsCom, GroboganSebuah pelatihan baru diberikan pada puluhan anggota Pramuka Saka Taruna Bumi yang berpangkalan di Dinas Pertanian Grobogan. Pelatihan tersebut adalah mengoperasikan alat dan mesin pertanian (Alsintan) modern. Khususnya alat transplanter yang dipakai untuk menanam padi.

Pimpinan Saka Taruna Bumi Grobogan Latifawati menyatakan, sejak beberapa waktu lalu, para kelompok sudah banyak yang mendapatkan bantuan alsintan jenis transplanter tersebut. Meski demikian, sebagian besar petani masih belum bisa mengoperasikan peralatan canggih itu dengan sempurna. Padahal, pelatihan untuk menggunakan peralatan itu sudah diberikan sebelumnya.

Terkait kondisi itulah, pihaknya memberikan pelatihan pada anggota pramuka untuk mengoperasikan peralatan itu hingga mahir. Salah satu tujuannya, para pramuka nantinya bisa membantu petani di sekitarnya yang masih kesulitan mengoperasikan transplanter untuk bercocok tanam.

“Tujuan utama memang untuk memberikan pengetahuan seputar transplanter. Namun dalam jangka panjang, kami harapkan ilmu yang didapat ini bisa digunakan untuk membantu petani jika mengalami kesulitan dalam memanfaatkan peralatan itu,” jelas Kabid Penyuluhan dan Sarana Prasarana Dinas Pertanian Grobogan itu, Senin (2/4/2018).

Pamong Saka Taruna Bumi Christina Setyaningsih menambahkan, ada 20 pramuka yang dapat pelatihan tersebut. Pelatihan penggunaan transplanter dilangsungkan di Desa Mojoagung, Kecamatan Karangrayung, bekerjasama dengan Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) setempat.

“Adik-adik sangat senang dapat pelatihan ini. Untuk pengoperasian transplanter memang lebih sulit dibandingkan traktor,” katanya.

Sebelumnya, anggota Saka Taruna Bumi juga sudah mendapatkan serangkaian pelatihan lainnya. Di antaranya budidaya berbagai tanaman dengan konsep organik.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...