Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ganjar-Yasin Bakal Bangun Sentra Kulakan di Seluruh Kabupaten/kota

MuriaNewsCom, Semarang – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Taj Yasin kembali mengumumkan program andalan mereka untuk mengentaskan kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah.

Jurus andalan itu yakni program Ekotren. Program ini merupakan program pengurangan angka kemiskinan yang menyesuaikan tren ekonomi masa kini. Dalam program ini, pasangan tersebut salah satunya akan membangun pusat grosir di seluruh daerah.

“Kami akan membangun sentra kulakan di seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah,” kata Taj Yasin di Studio RRI, Jalan Ahmad Yani, Kota Semarang, Kamis (22/3/2018).

Sentra kulakan tersebut, lanjutnya, akan dibangun di beberapa lokasi yang strategis. Seperti di seputaran masjid atau pondok pesantren. Satu sentra, setidaknya akan membawahi 100 warung kecil di sekitar lokasi inti.

Menurut Yasin, satu sentra kulakan paling tidak akan mempekerjakan lima orang. Sehingga ada 100 keluarga pemilik warung kecil yang terbantu dengan sentra kulakan tersebut.

“Paling tidak dari sisi perekonomian, satu sentra kulakan bisa membantu 105 orang. Itu baru satu, kami ingin bangun 100-500 sentra kulakan di seluruh wilayah di Jateng,” ujarnya.

Gus Yasin yakin program ekotren bisa jadi satu solusi pengentasan kemiskinan. Program itu sekaligus bisa mengembangkan cara pandang masyarakat tentang kewirausahaan.

Ia mencontohkan, dua modal sosial yaitu masjid dan pondok pesantren punya potensi yang besar. Ia mencontohkan, ketika Pondok Pesantren Sarang, Rembang memasuki masa libur, perekonomian turun 30 persen. “Artinya keduanya punya potensi ekonomi yang besar,” tuturnya.

Ketika ekotren berjalan, maka baik masjid maupun pondok pesantren atau sentra kulakan lain diharapkan bisa mandiri. Tidak hanya itu, tapi juga menghidupi lingkungan sekitarnya. ”Contohnya, saat para pengusaha UMKM bingung memasarkan produknya, bisa melalui ekotren,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...