Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Belum Layak Huni, 3 Kios di Lantai Dasar Matahari Kudus Nekat Beroperasi

MuriaNewsCom, Kudus – Pasca dilanda kebakaran pada Kamis (22/2/2018) kondisi Matahari Kudus (Kudus Plaza) belum layak untuk difungsikan kembali. Namun, tiga tenant (kios di lantai dasar) terlihat sudah membuka operasionalnya. Apakah itu diperbolehkan?

Hal itu MuriaNewsCom tanyakan pada Pemkab Kudus dalam hal ini Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) sebagai pemilik gedung. Menurut Eko Djumartono (Kepala BPPKAD) hal itu (penggunaan kios) sebenarnya telah mendapatkan peringatan (untuk tidak menggunakan) dari pemerintah kabupaten.

“Kami sudah melayangkan pemberitahuan agar mereka tidak mengoperasionalkan kios di lantai dasar. Hal itu diperkuat dengan surat yang ditandatangani oleh Penjabat Sekda Kudus, tertanggal 1 Maret 2018,” ucapnya, Senin (19/3/2018).

Baca Juga: 

Dalam surat yang ditandatangani oleh Sudjatmiko sebagai penjabat sekda Kudus, pemkab menegaskan untuk tidak menggunakan bangunan Kudus Plaza. Hal itu sampai dengan hasil laboratorium forensik dari Polres Kudus keluar.

“Apabila Saudara (penyewa kios) melanggar pemberitahuan ini, maka segala risiko yang terjadi merupakan tanggung jawab Saudara secara pribadi,” ucap Sekda Kudus secara tertulis dalam pemberitahuan bernomor 511.4/0611/25.00/2018 itu.

Namun, Eko menyebut, ada tiga penyewa yang kemudian hari datang secara langsung ke Kantor BPPKAD guna meminta kompensasi. Hal itu terkait operasional kios.

“Mereka akhirnya membuat surat pernyataan sanggup menanggung risiko (tanpa melibatkan pihak pemkab) bilamana ketika pengoperasian kios terdapat bahaya yang timbul,” ungkap dia.

Dirinya menjelaskan, dari 100 kios hanya tiga manajemen kios yang meminta kompensasi agar diperbolehkan mengoperasikan tenant.

Ditemui terpisah, store Manager Optik Internasional Ahmad Syahroni, membenarkan telah membuat surat pernyataan tentang operasional kios. Menurutnya, hal itu sudah dikonsultasikan dengan manajemen grup optik tersebut.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...