Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Minta Dalang Asal Rembang Mau Tularkan Ilmu pada Dalang Muda di Grobogan

MuriaNewsCom, GroboganDalang senior Ki Sigit Ariyanto diminta membantu meningkatkan kemampuan dalang lokal yang ada di Grobogan. Permintaan itu dilontarkan Bupati Grobogan Sri Sumarni saat membuka pertunjukan wayang kulit di halaman setda, Kamis (16/3/2018) malam. Pagelaran wayang ini dilangsungkan dalam rangkaian perayaan Hari Jadi ke-292 Kabupaten Grobogan.

“Selama ini, Ki Sigit sudah sering tampil di Grobogan. Selain menghibur penggemar wayang kulit, saya berharap juga bisa menularkan ilmu pedalangan pada dalang lokal yang ada disini,” katanya.

Menurut Sri, hingga saat ini potensi dalang yang tergabung daam wadah Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Grobogan masih bisa ditingkatkan. Selama ini, dalang-dalang lokal itu masih mendapatkan kesempatan tampil rutin dalam ajang pentas wayang kulit di pendopo kabupaten yang digelar tiap malam Jumat Kliwon.

“Kemampuan dalang lokal ini sebenarnya cukup bagus. Dengan tambahan ilmu dari dalang senior seperti Ki Sigit. Saya yakin kemampuan dalang lokal ini nanti bakal bertambah pesat dan lebih dikenal pecinta wayang kulit,” imbuhnya.

Menanggapi permintaan tersebut, Ki Sigit menyatakan siap membantu menularkan ilmu yang dimiliki pada dalang lokal di Grobogan. Ia menilai, kemampuan beberapa dalang lokal sudah cukup mumpuni. Hanya saja, mereka perlu tambahan inovasi, kreasi dan jam pentas serta ketekunan berlatih.

Sementara itu, pentas wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Srikandi Krido berlangsung meriah. Ratusan warga dari berbagai kecamatan hadir menyaksikan pentas wayang hingga usai. Pentas wayang makin ramai dengan hadirnya dagelan atau pelawak Gareng dari Semarang.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...