Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kalah Jauh Soal Popularitas, Sudirman Yakin Bisa Tekuk Ganjar

MuriaNewsCom, Semarang – Litbang Kompas merilis hasil survei tentang Pilgub Jateng 2018. Dari survei itu, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin berada di atas angin. Tingkat elektabilitas dan popularitas Ganjar-Yasin jauh mengungguli pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Tingkat elektabilitas (keterpilihan) Ganjar-Yasin disebut sebesar 79,0 %, sementara Sudirman Said-Ida Fauziyah 11,8 %.

Begitu juga dengan tingkat popularitas. Dari survei yang digelar akhir Februari hingga awal Maret 2018 itu, popularitas Ganjar mencapai 78,4 % dan Taj Yasin 16,3 %. Sementara Sudirman Said punya kepopuleran sebanyak 26,0 % dan Ida Fauziyah 12,4 %.

Menanggapi hasil survei itu, Sudirman Said mengaku santai. Bahkan ia tetap punya keyakinan bisa mengejar dan menekuk popularitas dan elektabilitas Ganjar Pranowo.

Ia menyebut, wajar jika Ganjar mempunyai kepopuleran tinggi, karena dia merupakan calon petahana.

“Di mana-mana incumbent pasti lebih kuat. Tapi suatu ketika hasilnya bisa cross atau menyalip. Meski pun 79 persen, tapi itu soal dikenal,” katanya.

Bahkan jika tingkat popularitas calon petahana tidak tinggi, maka perlu dipertanyakan tentang kinerjanya selama ini. ”Kalau kepala daerah yang sudah kerja lima tahun levelnya tidak mencapai segitu, ya ngapain selama ini?” ujarnya.

Baca : Sudirman Klaim Tingkat Elektabilitasnya Mulai Kejar Ganjar

Ia menjelaskan, hasil survei tersebut akan menjadi pemicu kerja kerasnya. Ia pun mengaku semua survei dijadikan cermin. Kalau assessment yang dipakai bukan cuma survei kuantitatif, namun kualitatif.

“Dulu saya di pasar saya dicuekin orang. Namun sekarang mulai ditegur, disapa, diminta foto. Itu kan ukuran,” tandanya.

Dengan kata lain, menurutnya, tidak ada jalan lain selain meningkatkan interaksi dengan masyarakat. Dengan dikerjakan bersamaan antara calon dengan tim.

Sebelumnya Sudirman Said juga menyebut jika tingkat elektabilitasnya mulai mengejar Ganjar Pranowo. Ia pun yakin, tren kenaikan itu akan terus terjadi hingga pada hari pemungutan suara mendatang.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...