Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Penilaian Adipura, Pemkab Jepara Bersihkan PKL Membandel

MuriaNewsCom, Jepara – Jelang penilaian Adipura (Penghargaan untuk kota yang mengelola kebersihan dan tata kota terbaik), Satpol PP Jepara menertibkan lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL). Kegiatan itu dilakukan mulai Senin hingga Rabu (12-14/3/2018).

Penertiban menyasar lapak PKL yang berada di areal trotoar ataupun daerah larangan berjualan. Seperti di Jl Ki Mangunsarkoro, Trotoar Pasar Jepara Satu, Kompleks Shoping Centre Jepara, Taman Kerang dan di depan Makodim 0719.

Menurut Kabid Penegakan Perda Satpol PP Jepara Sutarno, penertiban tak hanya dilakukan di tingkat ibukota kabupapaten. Di wilayah-wilayah kecamatan, hal serupa juga dilaksanakan.

“Kalau di tingkat kecamatan dilakukan oleh mereka satuan di wilayah. Sementara kami menertibkan sekitar 50 lapak,” ucapnya,

Ia mengatakan, sebelum disita pedagang yang melanggar telah diberi peringatan sebelumnya. Namun saat operasi digelar, mereka tetap saja acuh dan tidak memindahkan lapaknya dari atas trotoar.

Hal itu juga sudah sesuai dengan arahan dari‎ Bupati Jepara Ahmad Marzuqi. Petugas diminta persuasif dalam melakukan penindakan.

“Akan tetapi karena sulit diatur maka akhirnya PKL tersebut akhirnya ditertibkan,” tuturnya.

Perlu diketahui, selama 13 tahun Pemkab Jepara telah mendapatkan piala adipura. Namun titel itu, bukanlah titel paripurna, yang diharapkan oleh pemerintah kabupaten.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...