Jumat, 29 Maret 2024

Sudirman Said Bakal Persempit Langkah Spekulan, Ini Cara yang Ditawarkan

Murianews
Senin, 12 Maret 2018 14:36:17
Sudirman Said saat blusukan ke pasar di Banjarnegara
Murianews, Semarang - Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said memiliki trik khusus untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok di pasar. Yakni memotong atau menyederhanakan matai rantai distribusi.

“Sebenarnya kalau harga naik dan turun itu hal yang biasa, yang penting jangan terlalu ekstrim, seperti harga bawang merah, di Brebes itu harganya Rp 7.000 saja, tapi di tenpat lain ternyata bisa mencapai Rp24 ribu,” kata Sudirman.

Menurutnya, spekulan tidak boleh mendominasi atau mendikte harga. Salah satu konsep yang bisa dilakukan adalah  Jateng sebagai produsen makanan, seperti sayur mayur, beras dan sebagainya bisa kerja sama, umpamanya dengan Provinsi DKI Jakarta.

Kerja sama tersebut, bisa dalam bentuk kerja sama antar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). “Kalau dipercaya masyarakat Jateng memimpin, saya ingin menggandengkan dua BUMD, Jateng-DKI Jakarta. Kalau pasokannya bisa terus menerus kan harga lebih stabil,” ujarnya.

Sudirman juga mengaku sangat menaruh perhatian pada keberadaan pasar tradisional. Karena pasar tradisional merupakan denyut nadi ekonomi masyarakat di daerah.

Oleh sebab itu dalam setiap kunjungan ke daerah ia selalu menyempatkan diri mengunjungi pasar tradisional di Jateng.

Editor : Ali Muntoha

Baca Juga

Komentar