Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Operasi Keselamatan Candi 2018 di Grobogan Akan Digelar Hingga Pedesaan

MuriaNewsCom, Grobogan – Polres Grobogan bakal menggelar Operasi Keselamatan Candi tahun 2018 selama tiga pekan ke depan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, operasi kali ini tak akan dipusatkan di kota, melainkan juga di tingkat kecamatan ataupun pedesaan yang menjadi wilayah polsek.

Hal itu ditegaskan Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa usai mengikuti apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Candi 2018 di halaman mapolres, Senin (5/3/2018).

”Pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2018 ini tidak hanya kita lakukan di wilayah kota saja. Tetapi, kita akan tempatkan juga personil lantas untuk melangsungkan kegiatan di wilayah polsek,” jelasnya.

Menurutnya, Pelaksanaan Operasi Keselamatan Candi 2018 diselengarakan secara serentak di seluruh Indonesia. Dalam kegiatan nanti, petugas kepolisian bakal mengedepankan penindakan berupa tilang bagi pengendara yang melanggar.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh pengendara kendaraan bermotor agar patuh terhadap aturan lalu lintas. Terutama terkait kelengkapan surat-surat berkendara seperti surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK).

Terkait adanya operasi ini, Panji menyatakan, jauh-jauh hari sebelumnya, pihaknya sudah menyampaikan sosialisasi pada masyarakat. Yakni, terkait bakal adanya pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2018 tersebut.

”Sebelumnya, kita sudah sosialisasikan akan adanya pelaksanaan Operasi Keselamatan Candi 2016 pada berbagai elemen masyarakat. Selain di tempat keramaian, kita juga menggelar sosialisasi pada komunitas yang ada disini,” imbuhnya.

Panji menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas. Selain itu, melalui kegiatan itu diharapkan akan bisa menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran serta meningkatkan kedisiplinan masyarakat, khususnya dalam berlalulintas.

Sebelumnya, Wakapolres Grobogan Kompol I Wayan Tudy Subawa mengatakan, lalu lintas merupakan urat nadi perekonomian suatu negara. Pemeliharaan keamanan, keselamatan, dan kelancaran lalu lintas dinilai sangat penting dalam menunjang kehidupan berbangsa dan bernegara.

”Keamanan, keselamatan dan kelancaran lalu lintas merupakan cermin keberhasilan dalam pembangunan peradaban modern,” ujarnya.

Terkait dengan kondisi itu, polisi lalu lintas dan pemangku terkait, bertanggung jawab meningkatkan kesadaran, kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Sehingga dirasa perlu untuk menggelar operasi kepolisian di bidang lalu lintas untuk mewujudkan negara yang tertib.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...