Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perayaan Cap Go Meh di Kudus Berlangsung Meriah

MuriaNewsCom, Kudus – Warga etnis Tionghoa Kudus merayakan Cap Go Meh di Tempat Ibadah Tri Dharma (T.I.T.D) Hok Hien Bio, Jumat (2/3/2018) malam. Kemeriahan namun tak meninggalkan kesan khidmat mewarnai perayaan 15 hari setelah tahun baru Imlek 2569.

Perayaan Cap Go Meh di Kelenteng Hok Hien Bio Kudus mengambil tempat di aula kelenteng, dan dihelat sekitar pukul 19.00 WIB. Aula yang berada di samping kelenteng Jl A. Yani nomor 10 itu, nampak ramai. Kebanyakan adalah keluarga yang antusias menyaksikan pertunjukan Liang Liong dan Barongsai.

Tambur dan simbal bertalu-talu mengiringi kesenian khas tiongkok itu. Pada akhir pertunjukan, warga berebut mendekati makhluk mitologi Cina itu, dan memberikan angpao ke mulut barongsai, yang konon dapat menolak bala.

Sementara itu, di ruang sembahyan kelenteng, beberapa warga nampak khusyuk memanjatkan doa. Mereka berharap agar di tahun shio anjing tanah, kehidupan lebih baik. Tak lupa, penganan khas Lontong Cap Go Meh pun disajikan untuk para tamu.

Suasana di Aula Kelenteng Hok Hien Bio saat perayaan Cap Go Meh, pada Jumat (2/3/2018) malam. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

Tjia Eng Bie pembina Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kudus mengatakan, Cap Go Meh berarti ‘Malam ke 15’. Perhitungan ini dimulai dari tanggal pertama tahun baru Imlek.

“Cap artinya 10, Go artinya 5, artinya 15 hari sesudah Imlek. Nah dalam 15 hari itu, bulan menjadi sempurna atau purnama. Ini merupakan purnama pertama di tahun Imlek tahun ini,” kata Eng Bie yang memiliki nama Indonesia Harjana Wijaya.

Dirinya menuturkan, Cap Go Meh merupakan perayaan terakhir di tahun baru Imlek 2569.

“Kami mengharapkan, tahun ini seluruh warga Indonesia diberikan kesehatan dan kesuksesan. Politik di Indonesia dan semua agama bisa bersatu demi kejayaan bangsa,” tambahnya.

Pada perayaan Cap Go Meh di Kudus, melibatkan puluhan siswa-siswi yang memperagakan berbagai keterampilan bela diri seperti Wushu, atraksi Liang-Liong dan Barongsai. Mereka berasal dari berbagai sekolah diantaranya, dari SD dan SMP IT, Cahaya Nur dan SMP Keluarga.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...