Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Blora Bidik Piala Adipura 2018, Begini Trobosannya

MuriaNewsCom, BloraBupati Blora Djoko Nugroho mendukung pencapaian target untuk meraih penghargaan Adipura pada tahun 2018 ini. Hal itu disampaikan Djoko dalam Rapat Koordinasi Persiapan Hari Peduli Sampah Nasional dan Persiapan Pemantauan dan Penilaian P2 Adipura Tahun 2018.

Rapat yang diilangsungkan di ruang pertemuan Setda Blora juga dihadiri oleh Forkopimda, Asisten I dan III, Kepala OPD, Camat dan perwakilan BUMN/ BUMD se-Kabupaten Blora.

Menurut Djoko, untuk bisa meraih  Adipura diperlukan konsep yang jelas, terpadu dan berkesinambungan. Selain itu, ada hal lain yang lebih utama untuk dikerjakan. Yakni menggandeng semua komponen masyarakat untuk menyukseskan penilaian Adipura. Caranya, dengan meminta partisipasi masyarakat untuk menata lingkungan masing-masing agar bersih, rapi, asri serta penanganan sampahnya dilakukan dengan baik.

”Dalam penilaian Adipura, faktor yang dinilai cukup banyak. Kalau bisa melibatkan semua komponen masyarakat untuk berpartisipasi maka kesempatan meraih Adipura bisa lebih terbuka. Jadi, salah satu komponen penting adalah menggugah kesadaran warga akan pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih. Baik berkaitan dengan penilaian Adipura maupun tidak,” tegasnya.

Djoko mengatakan, salah satu hal yang lebih utama dilakukan adalah bagaimana caranya membangun kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah. Upaya mendidik, membentuk perilaku positif pada diri masyarakat supaya dapat mengelola sampah dengan baik dirasa lebih utama dari pada sekedar penghargaan Adipura.

”Apabila masyarakat sudah sadar bagaimana harusnya menyikapi sampah, maka Adipura akan datang dengan sendirinya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Djoko juga meminta kepada OPD terkait untuk memenuhi semua kebutuhan peralatan di TPA supaya sampah-sampah itu dapat dikelola dengan baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora Dewi Tejowati menyatakan, persiapan Adipura pada tahun ini dikaitkan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional karena pengelolaan sampah termasuk dalam parameter penilaian Adipura.

”Kegiatan-kegiatan dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional sangat berpengaruh terhadap penilaian Adipura,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dewi menyampaikan, mulai tahun ini, parameter penilaian Adipura tidak hanya faktor kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah saja. Namun juga mencakup pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...